Alokasi Penggunaan Dana Desa(DD)Desa Upang karya Tahun 2022 berjalan baik.


Banyuasin,MA-Berbeda dari tahun 2020 dan 2021 penggunaan Dana Desa tahun 2022 juga diatur dalam Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022. Dikutif pada Perpres Nomor  104 Tahun 2021, pada pasal 5 ayat (4) penggunaan Dana Desa Tahun 2022 diatur penggunaannya sebagai berikut :


a. program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen);

b. program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh%);

c. dukungan pendanaan penanganan corona virus desease 2019 (covid) paling sedikit 8% (delapan persen); dari Alokasi Dana Desa setiap desa; dan 

d. program sektor prioritas lainnya


Terkait pemberitaan Tertanggal (29/9) Diduga telah terjadi penyimpangan anggaran Dana Desa(DD)SCI Akan Laporkan Desa Upang Karya Ke Kejari. Kepala Desa Upang karya memberikan hak jawab atas berita tersebut.


" Dari total (seratus persen) Dana Desa yang diterima desa pada tahun 2022 sebesar Rp.1.081.364.000. Desa Upang karya hanya bisa mengalokasikan Dana Desa Tahun Anggaran 2022 untuk memenuhi kebutuhan program sektor prioritas lainnya hanya 32 % (tiga puluh dua persen)


Pemerintah desa Upang karya  kecamatan Muara telang kabupaten Banyuasin provinsi Sumatra selatan  mau tidak mau harus kembali me-refokusing perencanaan penganggaran dan melaksanakan musyawarah desa untuk memangkas program prioritas yang sebelumnya telah disepakati dan tertuang dalam RKP Desa.


Saat ditemui di ruangan nya kepala Desa Upang karya.Taufik Minggu (2/10) Membeberkan kegiatan yang di danai Dana Desa Tahun Anggaran 2022 sesuai Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 Pemerintah Desa Upang karya mengalokasikan Dana Desa untuk kegiatan terfokus pada pada pembangunan jalan usaha tani serta pembagian bantuan langsung tunai perlindungan sosial


" Selaku kepala desa yang baru terpilih dan dilantik. Taufik menerima tanggung jawab sebagai kepala desa di tahun 2022. Di cabutnya subsidi BBM oleh pemerintah di bulan agustus serta pembagian bantuan langsung tunai Dana Desa(DD) maupun BLT subsidi BBM ke masyarakat penerima manfaat. Tanpa keterwakilan pihak pemerintah desa dalam pengambilan bantuan tersebut


"Pemerintah Desa Upang karya pada anggaran dana desa 2022 terfokus pada pelaksanaan pembangunan Jalan usaha tani (JUT) atau jalan pertanian. Pembangunan prasarana transportasi pada kawasan pertanian, untuk memperlancar mobilitas alat mesin pertanian, pengangkutan serta sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan persawahan


Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT ) di desa Upang karya  kecamatan Muara Telang dilaksanakan pada tahun 2022 ini dengan biaya dengan biaya senilai Rp 179.972.800 bersumber dari alokasi Anggaran Dana Desa (DD).


Jalan usaha tani ini berada di area persawahan dalam pembangunannya melibatkan tenaga kerja lokal  yang cukup banyak sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat penerima manfaat jalan usaha tani tersebut. Dengan dilaksanakanya pembangunan Jalan usaha tani ini diharapkan proses mobilisasi alat-alat dan pertanian juga produk pertanian akan lebih lancar sehingga dapat mengurangi ongkos produksi (ongkos angkut) dan harga komoditi pertanian menjadi lebih baik. Ujarnya. (Tri sutrisno).

Popular Posts