Akumindo 17 Kabupaten Se-Sumsel DPD dan DPC Resmi Di Lantik.



Palembang,MA-Pelantikan DPD dan DPC Asosiasi Kemitraan Usaha Mikro Indonesia (Akumindo) Se-Sumsel diselanggarakan di Graha Bina Praja Palembang, Senin (10/10/2022).


Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumsel Drs. H. Edward Candra, M.H melantik pengurus DPD dan DPC Akumindo Se-Sumsel, mengatakan, dengan dilantiknya pengurus Akumindo Se-Sumsel ini merupakan momentum yang tepat dimana kita ketahui UMKM pada saat krisis yakni pandemi covid justru pelaku UMKM yang bertahan.


" Pihaknya memberikan apresiasi atas semangat dari pelaku UMKM. Diharapkan bisa  berkolaborasi dengan pemprov," katanya.


Lebih lanjut, Kita terus mendorong bagaimana UMKM berkembang salah satunya dengan asosiasi ini diharapkan bisa bertukar informasi dan berkolaborasi sehingga bisa saling melengkapi dan menjadi salah satu penyumbang perekonomian di Sumsel.


"Untuk yang baru dilantik tentunya harus berkonsolidasi tentukan program kerja yang kongkrit tidak usah muluk-muluk.

Pada intinya semua anggota diharapkan dapat memperoleh informasi. Juga mendapatkan kapasitas termasuk permasalahan digitalisasi termasuk juga akses permodalan bisa ditolong sehingga UMKM di Sumsel dapat berkembang," paparnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMK) provinsi Sumsel Amiruddin menambahkan, semakin banyak asosiasi yang didirikan yang bergerak di UMKM bisa membantu pelaku UMKM.


"Dengan banyaknya asosiasi UMKM Sehingga pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan bisa maksimal," ujarnya.


Lanjutnya, Masih menurutnya, bagi yang sudah dilantik harus mempunyai program kerja mudah.


"Misal membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) yang bisa diakses sendiri dengan membuka link oss untuk membuat NIB. Artinya pengusaha itu mempunyai indentitas usahanya," katanya.


Lebih lanjutnya, Lalu bisa berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM di kabupaten/kota Sumsel. 


"Mungkin bisa saja mengadakan program pelatihan. Kalau akses permodalan itu bisa dari perbankan. Kemudian peningkatan SDM Pemasaran," tutupnya.


Ketua DPD Akumindo Sumsel Msy. Lela mengatakan sesuai dengan arahan dari asisten pemerintahan dan kesra juga kepala dinas koperasi dan UKM. Setelah pelantikan ini seluruh dari DPC Akumindo Sumsel ini akan membuat program.


" Salahnya NIB dan program pemerintah lainnya akan kita laksanakan. Seluruh dari DPC ini akan mendatangi di kadis-kadis yang ada di wilayahnya masing-masing," tuturnya.


Lanjutnya,  untuk pengurus yang dilantik dari 17 kabupaten/kota sebanyak 51 orang. Untuk anggota yang sudah terdata sebanyak kurang lebih 60 ribu orang Se-Sumsel. 


"Insya Allah kedepannya kita semua membantu membangkitkan UMKM melalui program-program dari Dinas Koperasi dan UKM," tandasnya.


Sementara ketua DPC Lubuklinggau Taufik Anwar menyampaikan, allhamdullilah terimakasih kepada provinsi Sumsel telah melantik kami pengurus DPC dan kami telah mendapatkan SK. Serta kami mendapatkan arahan dari DPD kami akan mengintalisir.


" Mendaftarkan NIB supaya mereka mendapatkan perhatian pemerintah.Karena selama ini UMKM ini banyak tapi tidak ada yang membina. Mudah-mudahan kehadiran Akumindo kita bisa menjembatani sesama akomodir keluhan, masukan dan dan memfasilitasi berhubungan dengan pemerintah maupun dengan permodalan," pungkasnya ( ocha).

Popular Posts