Air PAM Sering Macet, Pemkab Aceh Singkil Akan Segera Fungsikan IPA Suka Makmur


 Aceh Singkil-mediaadvokasi.id Sejumlah pelanggan PDAM di Kecamatan Singkil, Aceh Singkil mengeluhkan sulitnya menikmati layanan air bersih.Bahkan untuk mandi saja harus membeli air galon dan menggunakan air sumur bor yang berbau dan berwarna.

Bukan tanpa usaha, sebagian dari warga tersebut juga membeli mesin pompa air untuk mendapatkan air, namun masih saja nihil. Air tetap tak mengucur dari kran mereka.

Kondisi ini hampir satu tahun terakhir telah dirasakan.Dan hal ini juga sering dilaporkan melalui media, namun solusi untuk mengatasi air bisa normal ke pelanggan belum bisa di lakukan.

Hal ini di sampaikan Mustafa Naibaho Pelanggan PDAM dan sekaligus Tokoh Muda warga Singkil, Kecamatan Singkil,Kabupaten Aceh Singkil Kamis (13/10/2022). 

Menurut Mustafa,solusi untuk membantu distribusi air PAM agar normal dan lancar.Pemerintah setempat agar segera memfungsikan kembali Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang ada di Kampung Suka Makmur Singkil. 

Karena, selain lokasinya strategis dan jarak yang tidak jauh untuk mendistribusikan air ke pelanggan. IPA ini juga merupakan PDAM pertama di Kecamatan Singkil."Artinya dengan difungsikannya IPA ini tekanan air di dalam pipa induk tersebut, cepat medistribusikan air bersih kepelanggan secara lancar dan normal."jelas Mustafa. 

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Singkil Yusbardin dikonfirmasi mengatakan, persolaan sering macetnya air PAM ini merupakan sudah terjadi dari zaman kezaman. 

"Karena, pipa induk PAM ini banyak yang bocor dan pecah-pecah, Sebab, pipa yang digunakan jenis PPC ketahanannya kurang maksimal. Seharusnya yg digunakan itu pipa jenis PPE, jenis itu dijamin ketahanannya." Katanya. 

Sementra untuk terkait diaktifkannya kembali IPA yang ada di Suka Makmur Singkil, kata Yusbar, hal itu sebelumnya sudah disampaikan ke Pemerintah setempat.

"Bahwa salah satu solusi mengatasi masalah sering macetnya air PAM, adalah dengan cara mengaktifkan kembali IPA.karena IPA itu lokasinya ditengah kota dan tanahnya padat.namun sampai saat ini permintaan itu belum juga dikabulkan."ucpanya.

Menurut Yusbar, jika ingin mengaktifkan IPA kembali.Pemerintah setempat harus menyediakan anggaran dana dibawah Rp 5 Miliar. dengan dana sebesar itu, IPA bisa aktif kembali dan insyaallah air PAM mengalir normal dan lancar ke pelanggan,"terangnya.


Hal senada juga disampaikan Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis saat dikonfirmasi secara terpisah, memang betul, salah satu solusi mengatasi macetnya air PAM di Kecamatan Singkil adalah dengan cara mengaktifkan kembali IPA yang ada di Suka Makmur. 

"Kemarin, kita sudah mengundang Tenaga Ahli dari Balai Prasarana Permukiman untuk meneliti kelayakan aktivasi IPA tersebut. Jika itu nanti layak beroperasi, kita akan revitalisasi IPA tersebut".Katanya. 

Disisi lain Marthinis juga menambahkan, bahwa tahun depan Pemerintah Aceh Singkil akan menganggarkan Rencana Induk SPAM sebagai readiness kriteria untuk membangun fasilitas Air Minum dari berbagai sumber dana,"katanya.(Ahmad).

Popular Posts