Soal Keributan Saat PBAK, Kabid PA HMI FSH UINSU Beri Penjelasan.



MEDAN, MA-Perkenalan budaya akademik dan kampus (PBAK), adalah salah satu hal yang paling fundamental bagi mahasiswa baru. Kegiatan yang memperkenalkan mahasiswa baru terhadap kampus, adalah kegiatan tahunan yang di lakukan di setiap Fakultas di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Terkhusus di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).


Namun PBAK yang di lakukan di FSH di nilai cacat moral akibat adanya keributan yang terjadi, Rabu (31/8/2022).


Kepala Bidang Pembinaan Anggota (Kabid PA) Toby mengatakan awalnya, kegiatan PBAK berjalan dengan lancar. Para mahasiswa baru juga sempat menunaikan shalat dhuha berjamaah di masjid UINSU yang di imami langsung oleh Dekan FSH UINSU sendiri yaitu Dr. H. Ardiansyah MA. Sehingga para mahasiswa baru, mengikuti PBAK dengan tekun dan tertib.


"Sampai pada pengenalan organisasi sekitar pukul 14.30 WIB, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) maju dengan urutan nomor 3 setelah Forum Kajian Ilmu Syariah (FOKIS), dan Komunitas Peradilan Semu (KPS) FSH," ucapnya saat dimintai keterangan Kamis (1/9/2022) siang.


Toby selanjutnya menjelaskan semalam saya saat berorasi  kepada adik-adik mahasiswa baru, juga menyampaikan ketika ada pemungutan liar di Fakultas kita. Kita harus melawan, jangan pernah mau diintimidasi lalu dimintai pungutan liar oleh oknum yang tak bertanggung jawab.


Toby juga mengakui adanya nada-nada hinaan dan memprovokasi mahasiswa yang dilantunkan oleh beberapa oknum dari kader kader PMII.


"Namun sikap baik dari HMI tidak berjalan dengan mulus saat sedang memperkenalkan HMI dihadapan mahasiswa baru. Diduga salah satu oknum dari kader PMII mulai memicu keributan dengan menunjukkan arogansinya dihadapan mahasiswa baru FSH, dengan mematikan sound sistem saat sedang Ketua Umum HMI FSH UINSU melakukan orientasi mengenai HMI diatas panggung," bebernya sambil mengucapkan ini kan tindakan yang tidak baik.


Kabid PA tersebut juga menyampaikan HMI adalah satu-satunya organisasi yang berazaskan islam di indonesia. "Semalam, ketika adzan berkumandang Ketua Umum saya langsung memimpin untuk mendengarkan adzan dan berhenti melakukan sosialisasinya," sebutnya.


Lanjutnya, ketika HMI turun untuk menyelesaikan perkenalan organisasinya. Para kader HMI mengajak seluruh mahasiswa baru untuk shalat ashar berjamaah. Sembari berjalan menuju ke Masjid, salah satu kader HMI ingin menanyakan persoalan yang dilakukan kader PMII FSH dengan baik-baik, namun bukannya solusi yang didapatkan tapi sikap arogan dari kader PMII yang di dapatkan oleh kader HMI.


"Yang dimulai dengan melempar kursi ke arah kader HMI yang sedang berdialog dengan kader PMII lain, salah satu kader HMI yang berinisial HH di keroyok oleh kader PMII. Sehingga wajah dari HH memar dan luka sehingga perlu perawatan medis yang serius," kata Toby sembari menyesalkan perbuatan kader PMII.


Padahalnya, sebelum terjadi keributan ketua terpilih PMII FSH mendapatkan perlakuan baik ketika berkunjung ke stand HMI dan berdiskusi meminta arahan kepada ketua umum HMI FSH UINSU tentang apa yang mesti dilakukan di FSH UINSU sebab beliau baru saja terpilih menjadi ketua PMII FSH.


"Ketua umum FSH UINSU menyampaikan kepada ketua PMII FSH terpilih agar hendaklah kita menjadi golongan umat yang terus menerus menyeru kebaikan dan mencegah kemungkaran sesuai Q.S Ali Imran:104," ucap Toby.


Sambungnya, setelah selesai meminta arahan dari Ketua Umum HMI FSH UINSU ketua PMII FSH terpilih berpamitan dari stand HMI dengan keadaan baik dan sehat tanpa ada goresan luka sedikitpun. Berbeda dengan perlakuan kader PMII kepada kader HMI yang begitu arogan seperti preman.


Toby juga mengutarakan, menjadi bukti bahwa HMI adalah organisasi yang cinta damai akan persaudaraan sesama umat Nabi Muhammad. HMI akan terus membersamai teman-teman organisasi ekstra lainnya yang haknya dirampas akibat sikap arogansi PMII.


Toby juga menegaskan semestinya Dekan mengambil sikap tegas kepada Kader PMII FSH yang bermasalah jika perlu pecat saja agar tidak menjadi parasit di kampus. Terbukti dengan keributan yang dibuat kader PMII PBAK menjadi terhenti dan tidak dilanjutkan. 



Teks Poto : HMI Komisariat FSH UINSU saat sedang memperkenalkan HMI dihadapan mahasiswa baru, Rabu (31/8/2022).

Popular Posts