Pemda Aceh Tamiang Buka Sekolah Lapangan Petani



Aceh Tamiang-mediaadvokasi.id
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, serta Balai Penyuluh Pertanian(BPP) Kecamatan Karang Baru melaksanakan Sekolah lapang bagi para Petani. Kegiatan berlangsung di Blang Palas Kampung (Desa -  red) Alur Bemban Kecamatan Karang Baru, Senin (1/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Sapuan SP menyampaikan, Sekolah Lapang ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para petani dalam mengenali berbagai potensi.

"Menyusun rencana usaha, identifikasi, mengatasi permasalahan, mengambil keputusan dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumberdaya  secara sinergis dan berwawasan lingkungan, sehingga usaha tani lebih efisien berproduktivitas tinggi juga berkelanjutan," terang Kepala Dinas. 

Selanjutnya Kepala BPP Kecamatan Karang, Syarifah Fitriani AM.d mengatakan, penyuluhan pertanian memiliki peranan yang sangat besar dalam rangka meningkatkan kualitas pelaku utama, baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam melaksanakan usaha tani secara efektif dan efisien diperlukan metode  yang tepat, salah satunya melalui sekolah lapang.

Sekolah lapang dipandang sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar yang cukup efektif, karena sifatnya yang tidak formal, proses pembelajarannya dilakukan langsung di lapangan.

Beberapa hal yang diajarkan oleh narasumber, sehingga bermanfaat bagi petani dan penyuluh, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia(SDM), nantinya dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petaninya juga dapat terangkat. 

Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta berasal dari lima kelompok tani dan masing-masing peserta dilengkapi dengan atribut pelatihan, tas, buku, pulpen dan pengenal dengan sumber dana menggunakan anggaran Otsus 2022. Dengan metode 10 kali pertemuan dan menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan kabupaten Aceh Tamiang serta pihak penyuluh swadaya.

"Adapun lima kelompok tani yang ikut dalam pembekalan sekolah lapang masing-masing berasal dari wilayah Kecamatan Karang Baru, meliputi kelompok tani dari Kampung Air Tenang, Kelompok Tani Maju Bersama,  Kelompok Tani Teguh Karya, Karya Tani, Teguh Bersama dan Sepakat Bersama, yang berada Kampung Alur Bemban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang," ungkap Syarifah. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Komisi II DPRK Aceh Tamiang, H. Syaiful Sofyan. SE, anggota Komisi II DPRK Aceh Tamiang, H. Irsyadul Afkar, Hj. Rosmalina, Ketua KTNA Aceh Tamiang, D' Yogi S, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Karang Baru, para Menteri Tani, Penyuluh. (Eri Efandi)

Popular Posts