Danrem 071/Wijayakusuma Resmikan Lapangan Basket Slamet Riyadi.

 


Cilacap, MA- Lapangan Basket "Slamet Riyadi" secara resmi dibuka, Kamis (4/8/2022). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E. bersama Komisaris PT S2P Mayjen TNI (Purn) Kiswantara Partadiredja dan Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji di Area Lapangan Eks Batalyon 405/SK, Jln Jend. Sudirman Cilacap. 


Peresmian lapangan basket ini untuk melengkapi sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat Cilacap dan sekitarnya, setelah sebelumnya lapangan sepak bola "Jenderal Sudirman" sintetis yang dilengkapi prasarana berupa balkon dan lainnya, diresmikan Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachnan, S.E., M.M., pada  tanggal 21 Juni 2022  lalu.


Peresmian didampingi Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P. bersama unsur Forkopimda lainnya. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Direktur Teknis dan Operasi PT S2P Irfan Rahmat beserta isteri, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Teti Rohatiningsih, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV Diponegoro Ny. Natania Yudha Airlangga, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Ninda Andi Afandi beserta pengurus, para Pasi dan Danramil Kodim 0703/Cilacap.


Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dalam sambutannya mengatakan, olahraga memiliki peran yang penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan tetap sehat serta bugar. Dan guna terlaksananya olahraga dengan baik dan nyaman, perlu adanya fasilitas ruang terbuka yang mendukung dan memadai. 


"Untuk itu Kodim 0703/Cilacap bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan PT S2P serta pihak-pihak terkait lainnya melaksanakan pembangunan sarana olahraga yaitu Lapangan Basket Slamet Riyadi di Lapangan Ex Batalyon 405/SK Cilacap sebagai sarana olahraga yang memadai dalam rangka mendukung Kabupaten Cilacap sebagai Kota Olahraga (Sport City)," Ungkap Danrem.


Danrem berharap, semoga lapangan basket Ini kedepan bisa menghasilkan atlit-Atlit basket yang mampu bermain di kancah Nasional maupun Internasional. Dengan adanya lapangan Basket Slamet Riyadi ini diharapkan pula akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan akan meningkatkan hubungan baik antara TNI AD dengan pemerintah dan komponen bangsa lainnya untuk kemajuan Bangsa dan Negara.


"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan lapangan basket Slamet Riyadi ini. 

Lapangan ini adalah milik kita bersama, mari senantiasa kita pelihara, kita jaga dan kita rawat dengan sebaik-baiknya. Saya berharap adanya suatu kesadaran dan rasa memiliki serta diikuti dengan sistem pemeliharaan yang benar sehingga dapat memperpanjang usia pakai fasilitas ini," tutupnya.


Saat dikonfirmasi rekan media, Danrem juga menjelaskan bahwa pihaknya kedepan akan melaksanakan kompetisi bola basket antar Kabupaten yang akan diikuti Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga dan perwakilan Kabupaten lainnya yang ada di jajaran Korem 071 Wijayakusuma, untuk meramaikan lapangan basket ini.


"Dan lapangan basket ini dibuat atas prakarsa dari Kodim 0703/Cilacap, dibantu PT S2P dan Pemerintah Daerah yaitu Bupati Cilacap. Lapangan ini kita buka untuk umum dan nantinya akan dijadwalkan dan diatur oleh event organizer," jelasnya.


Hal senada juga disampaikan Mayjen TNI (Purn) Kiswantara Partadiredja. Dia mengungkapkan bahwa olahraga basket menjadi olahraga yang digemari hingga level tertinggi di dunia dan banyak atlit basketnya menjadi atlit-atlit terkaya didunia dan ini sangat menarik bagi kalangan remaja. 


"Dan mudah mudahan ini juga digemari oleh pemuda pemudi di Cilacap. Mudah mudahan tidak sampai 5 tahun lagi akan muncul atlit atlit Basket dari Cilacap. Dan hal ini telah ditunjukkan oleh atlit atlit Indonesia yang pada Asea Game kali ini dimana mereka mendapatkan 1 medali emas untuk cabang basket. Mudah mudahan kedepan muncul atlit-atlit nasional dari Cilacap," katanya. 


Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji menambahkan, untuk Kabupaten Cilacap, baik dalam PON, maupun even even lainnya untuk perwakilannya, basket selalu tidak ada, basket selalu kalah karena kurangnya sarana olahraga di Cilacap. Namun saat ini, Cilacap mulai bangkit, karena ada segala sarana olah raga yang dipertandingkan dalam PON. 


"Cilacap kedepan harus tampil dan tumbuh talenta-talenta olahraga bahkan sampai even internasional. Untuk itu, saya terima kasih kepada TNI AD yang telah memfasilitasi tempat ini untuk digunakan sebagai tempat olahraga. Untuk itu kepada pemuda pemudi Cilacap, ayo kita olahraga, tampilkan bakatmu apa yang kalian bisa," ucap Bupati. 

(Pendim/SP)

Popular Posts