Tim Verifikasi PPID Kampung Provinsi Aceh Akan Turun Ke Kabupaten Bener Meriah

Redelong–mediaadvokasi.id
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP., M.A.P. didampingi oleh Kepala Bidang Layanan Informasi Publik Jamilah, S.H menyampaikan, pada tanggal 21 Juni 2022 mendatang Tim Verifikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kampung akan turun ke Kabupaten Bener Meriah dalam rangka Kunjungan Lapangan Verifikasi PPID Gampong Terbaik Tingkat Provinsi Aceh, katanya, Sabtu, 18/6/2022.

Lebih lanjut disampaikan oleh Ilham Abdi, S.STP., M.A.P. kepastian ini kita terima berdasarkan surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Provinsi Aceh tertanggal 14 Juni 2022 yang ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas DPMG Aceh Bapak Dr.Ir. Zulkifli, M.Si, ujarnya.

“Khusus untuk Kabupaten Bener Meriah, pemerintah daerah telah menetapkan 2 (dua) Kampung yaitu Kampung Babussalam Kecamatan Bukit dan Kampung Puja Mulia Kecamatan Bandar,” jelas Ilham Abdi, S.STP., M.A.P.

Menurut Kadis Komifo tersebut kegiatan ini dilakukan oleh Tim Verifikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kampung Provinsi Aceh terakit dengan akan dilaksanakannya Anugerah Apresiasi Keterbukaan Infomasi Publik Desa Tingkat Nasional Tahun 2022 yang menjadi lokus dan fokus keterbukaan informasi publik, dimana nantinya akan direkomendasikan 5 (lima) Gampong untuk mewakili Provinsi Aceh, paparnya.

Dijelaskan oleh Ilham Abdi, S.STP, M.A.P, nantinya Tim Verifikasi provinsi ini akan melakukan pendalaman di lapangan tentang komitmen, SDM, dokumen, partisipasi dan akses dan inovasi terhadap kampung (desa) yang akan dikunjungi. 

Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah itu juga mengungkapkan, kalau kita lihat dari regulasi dari Komisi Informasi Pusat (KIP) tentang Apresiasi Desa dalam inplementasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 ini memang cukup komplek dan rinci, yaitu adanya indikator penilaiaan seperti yang diatas tadi, kemudian tentang tahapan penilaian (sosialisasi, rekomendasi, desk review, pendalaman lapangan, rapat penertuan dan penganugerahan).

Popular Posts