Disdikbud Aceh Singkil Latih Operator Dapodik Menjadi Profesional

Aceh Singkil-Mediaadvokasi.id
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  Aceh Singkil menggelar pelatihaan Operator Data Pokok Pendidik (Dapodik) di jenjang (SMP) sekolah menengah pertama. 

Pelatihan operator dapodik tersebut untuk menciptakan operator yang lebih profesional dan berkembang dalam penanganan data Siswa dan Guru. 

Kegiatan itu berlangsung selama Dua hari mulai tanggal 5 Juli sampai dengan 6 Juli 2022 di Aula Bappeda Aceh Singkil. 

Kepala Dinas Pendidikan melalui Kabid Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) Sugiarto mengatakan tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan operator yang lebih profesional dan berkembang dalam penanganan verifikasi dan validasi data Siswa dan Guru di Sekolah.

"Menciptakan seluruh operator dapodik sekolah menjadi lebih profesional dalam mengentri data  dan informasi penting",Kata Kabid GTK Disdikbud Aceh Singkil Sugiarto kepada Wartawan Selasa (5/7). 


Begitupun katanya, Selain penanganan verifikasi dan validasi data Siswa dan Guru Operator dapodik juga dilatih untuk teknis pembuatan Akun ID belajar, karena setiap guru sudah harus menggunakan akun belajar. 

Di Akun belajar tersebut sudah seluruhnya tersimpan tentang informasi guru.di akun tersebut langsung terkoneksi di Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). 


"Artinya, Segala sesuatu tentang informasi guru, yakni, apakah sudah layak Sertifikasi atau belum dan berapa jumlah Akademiknya, semua informasi itu ada di akun belajar tersebut" Ujarnya. 


Operator dapodik yang akan dilatih ini sedikitnya ada sebanyak 46 peserta. sementara untuk narasumbernya barasal dari (BPG) Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh,"Pungkas Sugiarto. (Ahmad)

Popular Posts