Sudah Antre Belasan Tahun, 16 Calhaj Aceh Singkil Siap Diberangkatkan



Aceh Singkil-MediaAdvokasi.id 
Setelah Antre belasan tahun, 16 Calon Jamaah Haji (Calhaj)  Aceh Singkil akan diberangkatkan pada 16 Juni 2022 mendatang secara serentak ke Tanah Suci di Arab Saudi. 

16 Calhaj yang akan diberangkat ini adalah pendaftar tahun 2011 lalu, dan keberangkatan mereka sempat tertunda selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19


Jadi,  Calhaj yang akan berangkat ketanah Suci pada 16 juni mendatang ini adalah rombongan yang tertunda  pada dua tahun lalu. 

Mereka akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang (BTJ).mereka juga sudah dibekali ilmu manasik haji, suntik meningitis, dua kali suntik Sinovak, dan Boster jenis Moderna atau bisa juga Pfizer, "Demikian disampaikan Kasi Penyelenggara Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Singkil, Istadi Putra kepada Wartawan Jumat (3/6) di Singkil. 

Istadi Juga menyebutkan, Kouta Calhaj di Aceh pada tahun lalu sebanyak 4.393 orang.Namun pada tahun ini pemerintah pusat menetapkan untuk Kouta Calhaj di Aceh berjumlah 1.988 orang.

Artinya, Calhaj mengalmi pengurangan sebanyak 50 persen  karena keterbatasan Kouta. bahkan ada tiga orang tertunda karena kelebihan umur 65 tahun. 

"Calhaj kelebihan umur sebanyak tiga orang, lantaran peraturan kebijakan otoritas Arab Saudi, maklum paska pandemi Lanjut Usia (Lansia) rentan terdampak penyakit. Namun, jika pandemi sudah normal, besar kemungkin aturan itu akan berjalan normal dan pastinya mereka diutamakan," ungkap Putra

Lebih lanjut, Istadi mengatakan, untuk takaran tarif haji untuk tahun ini menanjak naik, yakni dari Rp31 juta menjadi Rp35 juta.Hal itu disesuaikan dengan nilai mata uang Rial mata uang Arab Saudi.

Sementara Antrean untuk menunggu kuota haji wilayah Aceh, Kata Istandi, itu butuh waktu selama 31 tahun lamanya, disertai setoran awal Rp25 juta, jika jadwal keberangkatan ibadah wajib itu sudah mendekati barulah diingatkan oleh panitia untuk dilunasi, "Teranganya.

Kemudian lanjut Istandi,untuk Wilayah Aceh Singkil yang sudah mendaftar menjadi Calhaj itu sedikitnya ada sebanyak 1500 orang.

Mereka sudah mendaftar sejak tahun 2008 lalu, " Tutup Putra (Ahmad)

Popular Posts