Sekda: Sertijab Ini Sangat Penting Dilakukan, Karena Camat Merupakan Pemimpin Kewilayahan


Aceh Tamiang-mediaadvokasi.id
Usai pelaksanaan mutasi dan rotasi jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang pada 31 Mei lalu, Sekretaris Daerah Drs. Asra, kembali memimpin serah terima jabatan (sertijab) Camat  Karang Baru, pada Senin (06/06/2022).

Bertempat di aula Kecamatan Karang Baru, Sekda Asra menyampaikan sertijab ini sangat penting dilakukan mengingat jabatan Camat merupakan pemimpin kewilayahan.

“Sertijab ini seperti mengantar  Camat yang baru ke wilayahnya, untuk diperkenalkan kepada Datok Penghulu, Kepala Mukim dan masyarakatnya. Jabatan Camat ini jabatan yang universal, mengurus semua hal yang ada di wilayahnya kecuali empat hal, pertama pertahanan, moneter, hubungan luar negeri dan peradilan," terangnya.

Jabatan Camat menjadi jabatan perpanjangan tangan dari Bupati ke masyarakat. Selesaikan semua persoalan di wilayah kecamatan bersama para Datok dan perangkatnya. Jangan membawa “aib” kepada Bupati dengan tidak selesainya persoalan di wilayah kecamatan.

Sekda mengucapkan terima kasih kepada Camat yang lama atas dedikasinya selama ini, dan juga mengucapkan selamat bekerja membangun wilayah barunya dengan menjalin kekompakan bersama para Datok Penghulu," harapannya.

Asra menjelaskan, bahwa Camat itu bukan bos, melainkan seorang manajer. Bagaimana seorang Camat mampu mengelola para Datok yang memiliki kemampuan luar biasa untuk saling bekerjasama," jelasnya.

Sejatinya, mutasi dan rotasi bukanlah disebabkan karena tidak bagusnya seseorang dalam bekerja. Hal ini bertujuan untuk merefresh kembali semangat dan ide-ide cemerlang seorang Camat dalam mengatur dan mengembangkan wilayahnya. Suasana baru dan lingkungan baru dianggap mampu memperkaya kemampuan seseorang yang berpengaruh kepada karakter seorang pemimpin.

Adapun sertijab yang dilakukan di Kecamatan Karang Baru yaitu Iman Suhery yang mendapatkan promosi menjadi Kepala Pelaksana BPBD dan digantikan Fakhrurrazi Syamsuyar menjabat menjadi Camat Karang Baru yang baru.(Eri Efandi).

Popular Posts