Disdik Kota Payakumbuh Jadikan Hari Lahir Pancasila Momentum Perbaikan Akhlak Siswa Pasca E-Learning

 


Kota Payakumbuh, MA - Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, manfaatkan moment Hari Lahir Pancasila menjadi sebuah pemicu membentuk kembali karakter para peserta didik dikota payakumbuh. 


Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril kepada mediaadvokasi.id pada Rabu (1/6/2022) Siang. Menurutnya, dengan moment hari lahir pancasila di tanggal 1 juni 2022  ini pihaknya untuk kedepan akan kembali memupuk karakter siswa dengan berlandaskan serta menanamkan nilai pancasila. 


"Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, kita jadikan sebagai momentum  untuk kembalikan karakter atau akhlak para siswa  pasca program e-learning saat meningkatnya kasus covid-19 beberapa tahun lalu." Terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.


"Lembaga pendidikan yang terutama sekolah-sekolah memiliki peranan penting didalam melestarikan nilai Pancasila dikalangan peserta didik. Dikota Payakumbuh sejak 2013 lalu kita sudah memiliki program pendidikan akhlak mulia." Ujar Dasril.


Menurut Kepala Dinas Pendidikan tersebut, hal itu perlu dimaksimalkan guna  menyikapi Loss Learning serta pengaruh negatif yang didapat para siswa akibat belajar menggunakan gadget. 


"Menyikapi Loss Learning yang terjadi beberapa tahun ini, kita rasa sangat perlu untuk melakukan perbaikan pada para siswa yang kemungkinan mendapat pengaruh negatif dari gadget yang digunakan para siswa saat E-learning di berlakukan bahkan mungkin  hingga saat ini." Tambahnya. 


"Pengaruh negatif Gadget ini mengakibatkan para siswa yang diantara kurang dalam respon kepada orang tua, guru, serta sikap. Dan itu tentu perlu kita perbaiki kembali, supaya nilai-nilai pancasila seperti gotong royong, saling menghargai, menghormati, jujur, ini kembali kita lestarikan disekolah melalui kegiatan project-project pembelajaran." Tutup Dasril. (Arief Wisa)

Popular Posts