Warga Porang Minta BPBD Segera Bangun Beronjong di Pinggiran DAS Setempat

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Pasca hujan deras mengguyur Kabupaten Gayo Lues mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah.

Kini masyarakat di Desa Porang, Kecamatan Blangkejeren, Galus meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar segera memasang Beronjong di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Jika tidak segera di bangun beronjong di Daerah Aliran Sungai tersebut, dikawatirkan tanah yang saat ini sudah dekat dengan aliran sungai itu akan ambruk, sehingga rumah yang berdekatan dengan sungai tersebut takutnya ambruk kedasar sungai.

Hal itu di katakan oleh salah seorang warga Desa Porang bernama Salihin Am,Irul kepada wartawan Sabtu (28/5/2022). Dia mengatakan, selama ini Gayo Lues didera hujan berkepanjangan sehingga banyak pasilitas yang hancur, bahkan di belakang rumah kami itu sudah tergantung dan bahkan kamar mandi sudah tidak ada lagi di belakang rumah kami alias ambruk disapu Ari deras baru baru ini.

“Saat ini dapur dan kamar mandi sudah terbawa arus air, sehingga saya dan keluarga terpaksa mandi di depan,karena kamar mandi di belakang rumah kami telah terbawa arus air deras panca hujan baru baru ini,” kata Aman Irul.

Dia berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues agar segeralah membangun beronjong di belakang rumah kami. Pun demikian kami sudah membuat proposal beberapa kali melalui pak sekda, namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan di bangun.

“Proposal sudah kita bikin dan kami serahkan kepada pak sekda, memang ada datang pihak BPBD ke sungai tersebut. Sudah di gambar dan di ukur, namun hingga kini belum ada tanda- tanda akan di bangun,” tuturnya.

Bahkan lanjutnya, kami sebenarnya sudah berupaya memperbaiki kerusakan tersebut dengan menyusun batu dan memancang bambu agar Daerah Aliran Sungai itu tidak menghantam dinding batu yang kami pasang, namun apa daya yang namanya air deras tidak bisa dibendung.

“Apa boleh buat kami sudah berupaya namun tetap saja batu dan bambu di hantam habis- habisan oleh derasnya air tersebut,semoga pihak BPBD segeralah terbuka hatinya agar Daerah Aliran Sungai di Desa Porang segera dibangun kembali agar kami dan warga yang berdomisili di pinggiran DAS tersebut tidak merasa was-was lagi,” tutupnya.  

Popular Posts