Undangan Khusus Dari KemenpanRB Untuk Bendera Saskia


BANTAENG, MA - Sasaran Kesehatan Ibu dan Anak atau dikenal dengan Bendera Saskia merupakan sebuah inovasi yang diinisiasi oleh Kepala Puskesmas Sinoa, H. Iwan Setiawan pada tahun 2017.


Bendera Saskia tidak asing bagi masyarakat Kabupaten Bantaeng dikarenakan kontribusinya yang telah berdampak besar khususnya di sektor pembangunan kesehatan.


Dalam perjalanannya Bendera Saskia telah meraih banyak penghargaan kategori pelayanan publik terbaik, baik di level provinsi maupun di level nasional.


Berbicara tentang Bendera Saskia seolah berbicara tentang kebaikan yang tak ada habisnya bahkan Bendera Saskia telah menjadi pusat pembelajaran luar biasa untuk banyak daerah di Sulawesi Selatan dan nasional.


Dikabupaten Bantaeng sendiri Bendera Saskia telah direplikasi secara massif oleh semua Puskesmas dengan cara yang unik berdasarkan kondisi masyarakatnya.


Diketahui bendera Saskia telah dikembangkan ke dalam aplikasi E-SASKIA. Sitem kerja aplikasi yang menghimpun dan mendigitalisasi status informasi kesehatan dan lokasi sasaran ibu dan anak, memudahkan petugas dalam analisis data dan mengirim informasi pada pihak terkait sebagai sarana komunikasi dua arah yang efektif. 


Tahun ini Bendera Saskia kembali mendapatkan undangan dari KemenpanRB untuk turut serta dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional tahun 2022 Ketegori Kelompok khusus. 


Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili H. Iwan Setiawan, Kabid Kesmas sekaligus Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, pada kegiatan Loka Karya Mini Lintas Sektor Triwulan 1 Puskesmas Sinoa mengatakan, bahwa kiprah Bendera Saskia tidak terlepas dari kontribusi banyak pihak, termasuk masyarakat Kecamatan Sinoa. Rabu, 30/03/2022.


"Alhamdulillah tahun ini Bendera Saskia dapatki undangan khusus dari KemenpanRB untuk ikut KIPP Nasional kategori kelompok khusus. Hampir di semua kesempatan saya selalu mengatakan bahwa dukungan dari semua pihak, lebih khusus dukungan masyarakat Sinoa adalah hal utama yang mengantar suksesnya Bendera Saskia." tuturnya. 


Dia juga memohon doa dan dukungan untuk Bendera Saskia di ajang berkompetisi KIPP kategori kelompok khusus tingkat nasional tahun ini. 


"Tabe' bapak ibu semuanya, mohon didoakan Bendera Saskia. Semoga bisa mengulang penghargaannya tahun ini untuk Bantaeng yang lebih baik," tutupnya.


Turut hadir pada kesempatan itu, Kapolsek Uluere Sinoa, para Kepala Desa, Ketua Penggerak PKK, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Kader Kesehatan dan Bidan Desa/Dusun sekecamatan Sinoa. (rhm)

Popular Posts