Bupati Asahan Didemo Warga, Ini Penyebabnya!


Asahan, MA - Masyarakat Desa Sei Alim Hasak Dusun V Penggalangan Kecamatan Sei Dadap beserta Aktivis Gerakan Pemuda-Mahasiswa (Garda - Masura) melakukan aksi unjukrasa di kantor DPRD dan kantor Bupati Asahan, Rabu (02/03/2022).


Aksi ini dilakukan, dikarenakan masyarakat Desa Sei Alim Hasak Dusun V Penggalangan merasa di bohongi oleh Bupati dan Wakil Bupati Asahan.


Dalam orasinya, masyarakat Dusun V Penggalangan yang diteriakkan oleh orator Aksi Garda-Masura, Chandra Pranata mengatakan, bahwa masyarakat Dusun V Penggalangan menuntut janji politik yang pernah di katakan Bupati dan Wakil Bupati Asahan saat kampanye Pilkada Tahun 2020 untuk memperbaiki infrastruktur jalan Coklat, Dusun V Penggalangan sepanjang 2 Kilometer yang telah lama rusak berat.


Di halaman kantor DPRD Asahan, aksi tersebut ditanggapi oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan, H. Baharuddin Harahap saat dirinya diminta untuk bertemu dengan para demonstran dihalaman kantor DPRD Asahan.


Dihadapan demonstran, H. Baharuddin Harahap dalam tanggapannya mengatakan, akan menindak lanjuti tuntutan masyarakat Dusun V Penggalangan.


"Saya janji, akan menyelesaikan permasalahan ini dan akan menyampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan serta akan membahas pada tahun 2023", ujarnya.


Usai melakukan aksi di kantor DPRD Asahan, para demonstran melanjutkan aksi ke kantor Bupati Asahan dengan pengamanan ketat personil kepolisian resort Asahan serta sejumlah personil Kodim Asahan dan Satuan Polisi Pamong praja.


Selanjutnya, saat di halaman kantor Bupati Asahan, para demonstran meminta Bupati Asahan untuk menanggapi tuntutan para demonstran.


Namun para demonstran kecewa, diketahui Bupati Asahan sedang tidak berada di tempat.


Aksi tersebut sempat diwarnai dengan adegan tarian dan diiringi musik oleh para demonstran, menunjukkan rasa kekecewaan terhadap ketidak hadiran Bupati Asahan di tempat.


Aksi mereda setelah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Asahan, Drs. Muhilli Lubis mewakili Bupati Asahan menemui para aksi demonstrasi dan mempersilahkan beberapa perwakilan dari pihak demonstran untuk membahas permasalahan tersebut diruang aula kantor Bupati Asahan.


"Saya menyampaikan, bahwa Bupati dan Wakil Bupati tidak sedang berada di tempat, beliau sedang melaksanakan Pra Musrenbang untuk tingkat Sumatera Utara", ungkap Muhilli dan langsung mempersilahkan masuk beberapa perwakilan dari aksi pengunjukrasa.


Menurut pantauan wartawan Media Advokasi, aksi tersebut, sempat terjadi dorongan dorongan antara penghujukrasa dengan SatPol PP. (Wilhan)

Popular Posts