Antisipasi Banjir, Kepala Pekon Guring Ajak Gotong Royong


Tanggamus, MA, - Guna menjaga kebersihan lingkungan dan menggerakan kepedulian masyarakat akan persoalan sampah, dan benda lain yang bakal menjadi penghambat saluran air kepala pekon guring kecamatan pematangsawa bersama warga melaksanakan gotong royong atau Jumat Bersih, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari jumat disetiap mingunya, Jumat(4/3/2022).


Kepada awak media Kepala Pekon Guring, Salehuddin mengatakan, kegiatan gotong-royong hari ini dipusatkan didusun guring utara dengan membongkar gorong-gorong saluran air, yang sering tersumbat setiap turun hujan.


"Banyaknya sampah yang menyumbat gorong-gorong sehinga tidak bisa menampung debit, yang kemudian mengakibatkan air meluap mengenangi badan jalan dan permukiman warga disekitarnya," Jelas Salehuddin. Jumat (4/3)


Dijelaskan Salehuddin, gorong-gorong yang terbuat dari buis berukuran sedang tersebut mereka bongkar, dan rencananya akan dibuatkan gorong-gorong yang lebih besar, agar tidak mudah tersumbat dan aliran lancar menuju kelaut.


Bersamaan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Pematangsawa, Edi Susanto mengatakan, dikecamatan setempat, setiap hari jumat pekon melasanakan kegiatan bersih-bersih dan perbaikan sarana dan prasarana, atau mengadakan Jumpa Berlian. 


"Disini sering terjadi penyumbatan saluran air, karenanya kami berupaya untuk memperlebar saluran air yang ada. Kami sudah mengusulkan perbaikan jembatan dan saluran drenase ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Tanggamus, dengan harapan bisa teralisasi, Tutupnya.

(*/Indra)

Popular Posts