SMKN 4 Palembang Gelar Workshop KOS

Palembang, MA - SMKN 4 Palembang menggelar workshop Kurikulum Operasional Sekolah (KOS),  Kamis (3/2/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Kabid SMK Dinas Pendidikan Prov.Sumsel, Mondyaboni, SE, S.Kom M.Si, serta narasumber Drs.H.Azwar Idris,MM selaku Pengawas Manajerial SMK N 4 Palembang. Kegiatan workshop berlangsung 3 -4 Februari 2022. 

Kepala SMK Negeri 4 Palembang,  Drs. Ramot Siahaan, M.Si mengatakan,  diharapkan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) telah tersosialisasikan  kepada semua Tenaga Pendidik di SMKN 4 Palembang dan telah melengkapi perangkat pembelajaran atau RPP yang disederhanakan. Sehingga proses pembelajaran akan terlaksana dengan baik, yang dibuktikan pada saat supervisi akademik yang diselenggarakan pada tahun pelajaran 2021/2022.

"KOS ini untuk SMK Pusat Keunggulan (PK).  Saat ini kita juga mengusulkan untuk PK.  Terlepas lolos atau tidak menjadi SMK PK. Pada akhirnya tahun 2024 semua SMK PK, " ujarnya,  Kamis (3/2/2022).

Lebih lanjut Ramot menjelaskan,  kurikulum yang digunakan adalah KOS.  "Berdasarkan itu belajar strktur kurikulumnya  Ada RPP yang disederhanakan. Itu yang kita sosialisasikan, jadi workshop ini kita laksanakan dua hari.  Setelah workshop ini guru-guru sudah punya RPP.  Baik pegawai ASN dan honor ikut kegiatan ini, " katanya. 

Ramot menuturkan, pada Maret mendatang pihaknya melakukan supervisi akademik kepada guru.  "Nanti saya dan pengawas masuk ke kelas meliha mereka mengajar sudah sesuai RPP yang dibuat. Ini langsung dimulai,  dan tahun ajaran baru 2022 sudah berlaku untuk kelas 10,11 dan 12," paparnya. 

"Dengan melaksanakan KOS,  maka siswa diperbanyak soft skillnya yakni sikap dan karakternya," pungkasnya. (Ocha)

Popular Posts