Babinsa Dampingi Petani Olah Lahan Sawah Warga

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan dari pemerintah, anggota Koramil 07/Blangjerango, Kodim 0113/Gayo lues, Serda M. Nain melaksanakan kegiatan pendampingan Upsus penyiapan lahan pertanian milik Bpk. sukiman yang tegabung dalam Poktan Walang Sangit yang berada di lahan sawah Desa Blangjerango, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo lues, Minggu (06-02-2022).

Babinsa mengatakan, proses olah lahan dengan menggunakan alat modern hand traktor akan lebih mempercepat pekerjaan petani, selain itu akan menjadikan tanah menjadi gembur dan melumpur. Gulma pun akan mati dan membusuk yang akhirnya dapat menyuburkan lahan persawahan. 

Pada kesempatan itu Serda M. Nain mengatakan kegiatan pendampingan Upsus pengolahan tanah sawah dalam usaha budidaya padi bertujuan untuk menciptakan keadaan tanah olah untuk meningkatkan kesuburan tanah yang siap tanam sehingga tanaman yang di budidayakan akan tumbuh dengan baik agar petani memperoleh panen yang maksimal dan memenuhi standart swasembada pangan sehingga dapat mensejahterakan kehidupan para petani, kata Babinsa.

Pada dasarnya pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanam adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen. Pengolahan untuk tanaman padi sangat penting untuk di perhatikan karena lahan sawah merupakan tempat mengambil cadangan hara yang di butuhkan oleh tanaman padi. Oleh karena itu pertumbuhan tanaman padi diantaranya akan dipengaruhi sejauh mana proses pengolahan yang dilakukan sebelum di tanami, tambahnya.

Sementara itu Bapak Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah meluangkan banyak waktu terjun langsung membantu petani dalam pendampingan mengolah lahan sawah guna mendukung program ketahanan pangan,hal ini tentu saja membuat kami para petani lebih bersemangat, pungkasnya.  

Popular Posts