Soal Bumdes Ujung Sialit Aceh Singkil, Inspektorat Diminta Turun Tangan Untuk Audit

Poto: Deni bersama Ahmad Azis Masyarakat setempat Pelapor Bumdes Ujung Sialit 

Aceh Singkil-mediaadvokasi.com  
 Baru-baru ini sejumlah masyarakat Desa Ujung Sialit Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil telah melaporkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola oleh Maju Bersama. 

Laporan itu dilayangkan kepada Kecamatan Pulau Banyak Barat pada hari Kamis, 6 Januari 2022 lalu atas dugaan indikasi penyelewengan Dana Desa Tahun 2020 dan tahun 2021.

Dimana, BUMDes Maju Bersama Ujung Sialit tersebut, sepanjang tahun 2020 dan 2021 tidak pernah melakukan kegiatan atau pun program-program yang ada di desa tersebut, padahal desa sudah menyalurkan dana penyertaan modal

Sehingga dengan total anggaran penyertaan modal sebesar Rp 254.936.842 yang ada di desa itu diduga fiktif, dan tidak pernah direalisasikan. 


Namun  sangat disayangkan,  usai laporan masyarakat itu dilayangkan kepada Camat setempat. beredar informasi bahwa dalam waktu dekat Pemerintah Desa Ujung Sialit bakal melakukan pengangkatan pengurus Bumdes Maju Bersama, padahal diketahui Bumdes tersebut baru saja dilaporkan masyarakat. 


"Baru dilaporkan atas dugaan indikasi penyelewengan Dana Desa kok bisa-bisanya bakal dilakukan pengakatan pengurus baru,"Ucap Deni Salah Seorang Pelapor Kepada Media ini, Selasa (11/1/2022) 



Kata Deni, bila itu terjadi dan dibiarkan oleh Pemerintah Kecamatan Pulau Banyak Barat sebelum menindaklanjuti laporannya, maka sangat mencederai demokrasi.

"Andil Pemerintah Kecamatan sebagai pembina Pemerintahan Desa kita pertanyakan, seolah-seolah setelah dilaporkan baru dibentuk pengurus Bumdes nya," Katanya. 

Jika ini terjadi kami sebagai masyarakat setempat tidak bisa berkata apa-apa lagi bila pembentukan pengurus BUMDes ini dibentuk sebelum menindaklanjuti laporan masyarakat," Ujar Deni. 

Lebih lanjut Deni mengatakan, Andaipun itu tetap terjadi tidak menjadi soal kepada dirinya, namun sangat di sayangkan nantinya Pengurus Baru yang tidak mengetahui apa-apa juga terkena dampak.

"Rancunya di situ. Untuk meminimalisir potensi-potensi yang terjadi, kita minta Inspektorat turun tangan untuk mengaudit uang negara yang telah dikelola oleh BUMDes Maju Bersama tersebut," beber Deni.

Terpisah, Camat Pulau Banyak Barat,Aceh Singkil Mawardi melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian, Ahmad Syarif ketika dikonfirmasi wartawan perihal apakah wacana pembentukan pengurus baru BUMDes Ujung Sialit apakah berkaitan dengan laporan masyarakat baru-baru ini. Dirinya mengatakan hal itu bisa saja terjadi bisa juga sebaliknya.

"Kalau itu, bisa saja ada bisa juga tidak," kata Ahmad Syarif.

Menurutnya terkait kepengurusan BUMDes Maju Bersama Ujung Sialit memang telah lama mendengarnya dari Kepala Desa Ujung Sialit tentang wacana untuk melakukan peremajaan pengurus BUMDes itu dengan alasan masa jabatan pengurus lama telah berakhir sesuai AD/ART Bumdes tersebut. 

Diketahui pada Tanggal, 6 Januari 2022, BUMDes Ujung Sialit Maju Bersama dilaporkan oleh 2 orang anggota masyarakat kepada Pemerintah Kecamatan Pulau Banyak Barat, atas perihal : Laporan dugaan indikasi penyelewengan Dana Desa di Bumdes Maju Bersama Ujung Sialit (Ahmad)

Popular Posts