Menggali Potensi Anak Muda Cikampek Kabupaten Karawang


Oleh : Revanda Fitriadi Wicaksana. S. Pi

Cikampek merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Cikampek memiliki masyarakat yang berpotensi dalam bidang industri, perdagangan, dan pertanian. Seiring berkembangnya zaman yang memasuki era 4.0 menuntut masyarakat untuk memiliki pola pikir kreatif, inovatif, dan berdaya guna maka dari itu insan muda dengan tingkat kreativitas serta inovasi yang mumpuni di Cikampek kerap bermunculan sehingga membuat perkembangan Cikampek cukup signifikan dari segala sektor. 
Seiring berkembangnya Kecamatan Cikampek harus diiringi dengan kualitas masyarakat yang berdaya guna sesuai dengan misi ke-6 Bupati Karawang periode 2020 yakni “Memperkokoh kehidupan sosial bermasyarakat melalui peran pemuda, olahraga dan budaya dalam kearifan lokal”. Sebagai bentuk kontribusi anak muda Cikampek untuk mendukung misi Bupati Karawang tersebut, beragam kolaborasi kegiatan beragam Komunitas anak muda Cikampek perlu diselenggarakan secara sinergis. Mulai dari terciptanya ruang-ruang diskusi, bisnis coffee shop milik anak muda yang mulai menjamur di setiap sudut kota Cikampek, relawan dari kalangan anak muda yang berjiwa empati tinggi untuk membantu sesama, serta komunitas-komunitas yang mayoritas bertujuan untuk berkreasi serta berinovasi untuk membangun masyarakat Cikampek yang lebih berkualitas dan berdaya saing.
Salah satu wujud dari sinergisitas untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat munculah satu kegiatan yang berjudul Derma Harsa. Kegiatan ini berangkat dari keresahan sekelompok pemuda akan potensi kota Cikampek yang merupakan salah satu kota akulturasi budaya yang sangat strategis karena menjadi perpaduan antara budaya Betawi, Sunda, dan Jawa yang seharusnya potensi pemuda yang dimiliki oleh kota Cikampek dapat berkembang dengan optimal. Kemudian, yang terjadi dewasa ini pemuda Cikampek masih banyak yang memilih untuk membatasi pengembangan diri dan kreativitasnya karena berbagai faktor─seperti tuntutan pekerjaan, tidak memiliki relasi, serta minimnya tingkat kesadaran kan manfaat berorganisasi─ padahal wadah-wadah untuk menyalurkan minat, bakat serta hobby sudah cukup terpenuhi jika dibandingkan dengan beberapa tahun kebelakang.
Derma Harsa sendiri memiliki konsep kegiatan sosial yang mengusung bentuk charity yang dikemas dengan konsep edukasi, kreatif dan pengeskplorasian diri untuk anak yatim piatu dan generasi muda agar dapat menemukan potensi minat dan bakat serta jati dirinya untuk masa yang akan datang. Pada pelaksanaannya, Derma Harsa akan membuat sebuah pentas seni kolaborasi antara anak-anak yatim piatu dengan mitra yang akan bekerja sama yakni Sanggar Tari Ciptaning Candradimuka, Ekstrakulikuler Orchestra SMK Muhammadiyah Cikampek, Komunitas Basket Scratch, Klub Bola Benpica FC, dan juga pelatih kesenian Hadro. Selain itu, Derma Harsa akan mengangkat seniman tradisi lokal untuk meningkatkan awareness masyarakat dengan adanya role model yang dapat mencapai potensi dirinya ke ranah profesional dan juga meningkatkan akan pentingnya melestarikan budaya dan Derma Harsa akan berkolaborasi dengan komunitas-komunitas generasi muda di Cikampek untuk saling bahu membahu membangun Cikampek sehingga terciptanya masyarakat yang berdaya guna.
Rencana kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan maret 2022 di Lap. DISHUB Cikampek, akan ada bazaar kuliner, booth berbagai komunitas di Cikampek, talkshow Bersama para narasumber yang akan dijadikan role model, serta penampilan band-band lokal. Selengkapnya tentang kegiatan ini dapat dipantau melalui Instagram @dermaharsa. (Red) 

Popular Posts