Barista Binaan PT Pupuk Iskandar Muda Berhasil Membuka Coffee Shop

Aceh Utara-Mediaadvokasi.id.
Program Youth Entrepreneur Ship (YES) merupakan salah satu wujud kepedulian PT Pupuk Iskandar Muda dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk mendukung pemuda- pemuda desa sekitar Perusahaan agar terpacu minat dalam berwirausaha memberdayakan kemandirian finansialnya. Barista adalah salah satu pelatihan yang sangat digemari oleh kaum muda karena prospek didunia kerja sangat menjanjikan, PT  Pupuk Iskandar Muda melaksakan kerjasama dengan Balai Latihan Kerja  Banda Aceh serta Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah (FKLPID) untuk pembinaan dan mengembangkan Skill pemuda berbakat untuk menjadi tenaga kerja siap pakai dan wirausahawan sukses dibidangnya, salah satu pelatihan yang sudah dilaksanakan adalah BARISATA, pelatihan dilakukan pada tanggal 22 November s.d 14 Desember 2021 atau 20 (dua puluh) hari dengan memanfaatkan program Metode Mobile Training Unit (MTU) dan kemudian dilanjutkan dengan Uji Kompetensi kepada 16 (enam belas) peserta pada tanggal 28 s.d 29 Desember 2021 dan berhasil lulus 14 orang peserta. 

Pada akhir Januari 2022 salah seorang dari peserta pelatihan Barista terbaik telah mampu dan sukses mengelola usaha Coffee Shop berbekal ilmu yang didapatkan selama mengikuti proses pelatihan yang diadakan di Gedung Diklat PT Pupuk Iskandar Muda. Hal ini membuktikan bahwa PT Pupuk Iskandar Muda dan Balai Latihan kerja (BLK) berhasil mencetak Sumber Daya Manusia Unggul dan kompeten di bidangnya. Disamping itu, tidak hanya ilmu yang didapatkan akan tetapi peserta yang bersangkutan juga memperoleh sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang akan memudahkan untuk memperoleh pekerjaan dikemudian hari. 

“Kami dari Management PT Pupuk Iskandar Muda sangat bangga, pelatihan ini telah berhasil membentuk wirausaha muda dari ilmu yang diperoleh dan semua peserta lainnya juga memperoleh Sertifikasi Nasional, hari ini satu lulusan Barista Binaan berhasil membuktikan bahwa dengan mengasah bakat, minat dan ketrampilan melalui pelatihan yang tepat, SDM lingkungan perusahaan mampu bersaing didunia usaha, yang sangat membanggakan lagi, kawan-kawan kita ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 4 orang ditahap pemula, luar biasa anak-muda kita, dari tidak berpenghasilan, berkat pelatihan yang ditekuni, sekarang malah dapat mempekerjakan orang sekitar yang sama kondisinya sebelum mendapatkan pelatihan keahlian dibidangnya, Managemen PT PIM mengucapkan selamat kepada Owner Coffee Shop RUFI Adinda kami Muhammad Fadhal serta Crue semoga kesuksesan ini mengiringi rekan-rekan seperjuangan lain di pelatihan Barista PT PIM, Ungkap Jufri selaku Assistent Vice President PKBL & Humas. 

Baginya kesuksesan dari pelatihan Barista tersebut terbukti saat para peserta yang mengikuti pelatihan mampu menerapkan ilmu yang mereka dapatkan. 

Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh memiliki andil dan kontribusi yang luar biasa untuk mengasah dan mengembangkan skill pemuda-pemuda yang tidak memiliki pekerjaan dan rentan terhadap perilaku yang tidak baik sehingga merugikan masyarakat sekitar maupun dirinya sendiri. Dengan adanya kerjasama ini,  PT Pupuk Iskandar Muda sangat terbantu dalam hal penanganan masalah ketersediaan tenaga skill yg memungkinkan bisa dimanfaatkan oleh Perusahaan melalui sub-kontrak pihak ketiga jika dibutuhkan dan memberdayakan masyarakat lingkungan secara mandiri dan berkelanjutan.  

PT PIM melakukan hal ini dalam rangka menunjang dan melakukan sinergitas atas program Pemerintah khususnya Aceh dalam hal pengentasan kemiskinan serta sesuai dengan amanat Perundang-undangan. Harapan lebih banyak lagi pelatihan-pelatihan serupa yang bisa dijalankan di PT Pupuk Iskandar Muda melalui kerjasama dengan BLK dan FKLPID Aceh.(TSA)
Sumber berita :Humas PT.PIM

 

Popular Posts