Banjir, Gagalkan ASN Kemenag Peringati HAB Ke-76 di Aceh Utara

Aceh Utara-mediaadvokasi.com- Berbagai kebutuhan telah rampung dipersiapkan untuk suksesnya pelaksanaan upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kemenag RI yang jatuh pada Senin, tanggal 3 Januari 2022. Namun segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Aceh Utara akhirnya gagal mengikuti upacara yang dinanti-nantikan itu, yang direncanakan di halaman Kantor Kemenag setempat, ungkap Ketua Panitia, Drs. H. Jamaluddin, M.Pd, Senin (03/01). 

Jamaluddin menyebutkan, hal ini dikarenakan kondisi halaman yang akan digunakan untuk lokasi upacara tergenang air setinggi sekitar 80 cm.

"Air setinggi ini sangat tidak memungkinkan untuk dilaksanakan upacara, apalagi kabar yang kami terima banyak ASN Kemenag yang rumahnya juga ikut terendam banjir,” kata Jamaluddin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Utara, H. Salamaina, MA saat dihubungi media ini mengatakan, dirinya berada di kantor. Banjir yang terjadi sejak Minggu (02/01) hingga Senin (03/01), karena curah hujan tinggi, ditambah lagi seperti di Kecamatan Lhoksukon dengan jebolnya tanggul krueng Peutoe. “Sampai dengan akan dilaksanakannya upacara, kondisi air belum juga surut,” ujarnya.

“Banyak ASN yang akan menuju ke kantor tidak bisa melewati jalan nasional, karena ketinggian air sampai menyeberangi badan jalan di tempat-tempat tertentu yang arusnya lumayan deras,” terangnya.

Selain itu lanjut Salamina, beredar kabar di group WhatsApp (WA), banjir melanda belasan kecamatan dan ratusan gampong serta sejumlah rumah warga dan madrasah ikut terendam air.

Dirinya menghimbau, bagi madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan yang dilanda banjir agar berupaya menyelamatkan berbagai dokumen dan aset penting ke tempat yang lebih aman. Sedangkan yang belum terimbas banjir diharapkan untuk tetap siaga.

“Insya Allah, untuk sementara waktu kita akan membuka posko darurat di Kankemenag guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dan sebagai tempat berkoordinasi,” ucapnya.

“Mari berdoa agar senantiasa kita mendapatkan perlindungan Allah SWT dan air segera surut sehingga berbagai kegiatan administrasi perkantoran dan  proses pembelajaran dapat berjalan kembali seperti biasa,” ajak Kakankemenag. (TSA)

Popular Posts