Babinsa Koramil 04/KP Memotivasi Petani Tembakau

Gayo Lues - Mediaadvokasi.com
Bintara Pembina Desa, Koramil 04/Kutapanjang, Kodim 0113/Gayo lues, Serda Darmawan melaksanakan kegiatan pendampingan petani tembakau di Desa Beranang, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues, Kamis (06/01/2022).

Sebagai upaya memberdayakan potensi geografi dan kondisi alam di wilayah Kabupaten Gayo Lues, yang sebagian merupakan dataran tinggi dan berbukit, di manfaatkan masyarakat petani untuk becocok tanam dengan beraneka macam ragam tanaman. Salah satu nya tanaman tembakau.

Semakin membaik nya harga tembakau yang berkualitas super, menjadikan minat para petani semakin meningkat untuk membudidayakan tanaman tembakau. Selain sebagai mata pecaharian tambahan, menanam tembakau juga sebagai usaha memanfaatkan lahan yang belum tertanami.

Peran babinsa sebagai pendamping kegiatan masyarakat termasuk pada bidang pertanian, menjadi tugas nya selalu melekat bersama masyarakat serta memberikan pendampingan kepada para petani di desa nya. Seperti yang di lakukan Babinsa Koramil 04/Kutapanjang, Serda Darmawan melaksanakan kegiatan pendampingan bersama bapak Idris, petani tembakau di Desa Beranang, Kecamatan Kutapanjang.

Di sela-sela pendampingan bersama petani tembakau, serda Darmawan mengatakan "sebagai upaya untuk memanfaatkan lahan perkebunan, kami akan terus mengajak para petani untuk menanam berbagai jenis tanaman, seperti tanaman tembakau, selain memanfaatkan lahan perkebunan, menanam tembakau juga sekaligus dapat menghasilkan nilai ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Kehadiran babinsa mendampingi para petani bertujuan untuk memberikan semangat serta motivasi kepada petani agar terus giat membudidaya tanaman tembakau serta dapat meningkatkan hasil produksi pertanian untuk mencukupi kebutuhan permintaan konsumen di pasaran. Dengan terus bertambah nya hasil produksi perkebunan, di harapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi di pedesaan, khusus nya peningkatan kesejahteraan para petani," ungkap Babinsa.
 

Popular Posts