Serba Serbi Urus STNK Kendaraan di Samsat Kabupaten Karawang

Karawang,MA ; Media Advokasi(MA) memantau dan mengganti plat nomor sepeda motor(R 2) yang baru karena sudah 5 tahunan.MA datang jam 1 siang(7/11),begitu mau parkir sudah banyak preman yang menawari mau cepat urusannya,mereka sudah tahu plat nomor mau diganti.

MA tidak menghiraukan tawaran cepat tersebut,langsung masuk kedalam kantor.Ketemu Satpam Sigit dengan ramahnya melayani MA dengan berbagai arahan.Ditempat foto copy,2 lembar difoto copy,beli satu pulpen dan satu stop map dihargai 7 ribu,kalau diluar kantor bisa dihargai tiga ribu rupiah.

Setelah itu MA mengambil formulir yang harus diisi,diserahkan kebagian redentifikasi dan dibawa kelantai dua.Ditempat pendaftaran dicek dan menunggu dipanggil bagian kasir.Kasir minta uang Rp 333.000,- padahal tercantum di STNK Rp 332.200,- begitu dibayar tidak ada kembalian uang.Kalau dilihat dari pagi sampai tutup kantor,yang berurusan STNK kendaraan mencapai 1000 lebih,gemina kalau lebih uang pemohon Rp 800,-?.

MA mencoba mencari badan urusan(Baur) STNK tapi sedang ke Polres Karawang.Setelah MA dapat STNK yang baru,disuruh untuk mengambil plat nomor baru.Di STNK tercantum pembuatan plat nomor Rp 100.000,-,kalau plat nomor dibuat diluar dihargai Rp 30.000,- dilarang bahkan bisa-bisa berurusan ditilang,logikanya miris.

Kalau dilihat disekeliling kantor,dari level office boy,tukang gesek nomor dan Satpam berfungsi mencari tambahan income.Informasi cara-cara apa yang dipersiapkan dokumen sangat minim.Soal sepele stop map dan pulpen kadang-kadang pemohon banyak yang lupa.

MA menghabiskan sekitar 2 setengah jam,mengharapkan urusan tersebut bisa dimudahkan dan disederhanakan lagi.(Fauzi) 

Popular Posts