Eratkan Silaturahmi, Babinsa Koramil 04/KP Dampingi Petani Panen Jagung

Gayo Lues - Mediaadvokasi.com
Bintara pembina desa (babinsa) Koramil 04/Kutapanjang, jajaran Kodim 0113/Gayo Lues, Koptu Agus Sutrisno melaksanakan kegiatan pendampingan membantu petani panen jagung milik masyarakat di Desa Bener, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues, Jumat (31/12/2021).

Salah satu tugas bintara pembina desa di wilayah sebagai pelaksana tugas lapangan di satuan komando kewilayahan yaitu melaksanakan kegiatan pembinaan serta pendampingan dalam setiap kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan pendampingan di bidang pertanian dan perkebunan. 

Babinsa mengatakan, Sebagai komoditi unggulan dan tanaman perkebunan andalan masyarakat Kabupaten Gayo Lues, tanaman jagung memiliki prospek yang menjanjikan dan dapat menghasilkan banyak keuntungan. Di hadapkan pada permintaan pasar dan kebutuhan jagung yang terus meningkat, tentunya harus di imbangi dengan hasil produksi jagung yang meningkat juga. 

"Sebagai salah satu upaya babinsa sebagai aparat teritorial untuk membantu para petani meningkatkan hasil produksi yaitu dengan terus aktif memberikan pendampingan di lapangan kepada para petani," ungkap Babinsa.

Kegiatan pendampingan pertanian yang di lakukan oleh babinsa bekerja sama dengan PPL pertanian dengan tujuan untuk membimbing dan membina petani dalam merawat tanaman jagung agar hasil pertanian nya semakin meningkat. Selain itu juga untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para petani agar lebih giat dalam bekerja serta membantu meringankan beban pekerjaan para petani.  

Kegiatan pendampingan oleh babinsa dan PPL pertanian di lakukan dari mulai pengolahan lahan, penanaman bibit, pemupukan tanaman, perawatan tanaman, pengendalian hama penyakit, sampai masa panen selesai.

Di sela-sela mendampingi petani panen jagung, koptu Agus Sutrisno mengatakan "kegiatan pendampingan petani akan terus di lakukan, sebagai upaya membantu para petani untuk meningkatkan hasil produksi jagung, serta membantu meningkatkan kesejahteraan para petani jagung" ungkap nya.

Dengan terus memberikan pendampingan, dorongan, arahan dan memberikan pemahaman ilmu tentang tanaman jagung di harapkan akan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. Sehingga akan tercapai target program swasembada pangan nasional. 

Popular Posts