Cilacap Antisipasi Omnicron, Bupati Instruksikan Pejabat Kerja Maksimal

Cilacap, MA - Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menegaskan semua pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap harus bekerja sama mengantisipasi varian baru Covid-19 yakni Omicron. Hal ini disampaikan Bupati di ruang Gadri  Rumah Dinas Bupati Cilacap, setelah mengikuti acara penandatangan kesepakatan Batas Daerah, Senin (6/12/2021).

 "Saya kemarin sudah memerintahkan semua pejabat Forkopimda turun. Kapolres, Dandim, Wakil Bupati semua harus turun. Maka dibuatlah pembina wilayah (Binwil)," katanya.

Menurut Tatto hal ini penting, dan pihaknya sekarang yang mengomandani langsung, bersama Wakil Bupati dan Sekda, yaitu bagaimana untuk menangkal virus Covid ini baik varian apa saja, termasuk Omicron ini.

"Itu kan senjatanya satu, harus divaksin. Nah, vaksinasi ini kita hampir mencapai 70 persen, sebentar lagi kita pasti mencapai ke sana (target 70 persen)," tandasnya.

Tatto lantas membeberkan, bahwa sekarang mencari yang divaksin ini sulit. Karena sulit mencari yang divaksin, maka hari ini sekda turun, pejabat semua turun.

Ia memerintahkan camat dan kepala Puskesmas harus turun. "Saya sendiri yang pantau laporan tiap jam, ternyata alhamdulillah hari ini sudah dapat (yang akan divaksin) dengan disusuri tadi. Karena hanya satu senjatanya, vaksin," tegasnya.

Selain vaksin, imbuhnya, dalam mencegah, menanggulangi, dan membentengi virus Corona varian Omicron ini jangan masuk Cilacap, maka saat Nataru nanti semua tempat hiburan ditutup, dan pejabat tidak boleh libur.

"Yang mau keluar kota harus lapor saya, apa kepentingannya. Dan yang lebih penting lagi, protokol Covid sekarang sudah hampir nggak ada lagi, seperti hajatan. Saya perintahkan kepada camat, jangan ngasih izin kepada yang mau hajatan, kecuali pakai protokol kesehatan. Kalau siap dengan protokol Covid dengan pembatasan pengunjungnya dan lain-lain, silakan. Tapi kalau mau seenaknya, kita tutup," terang bupati.

Tatto menekankan hal tersebut karena sedang perang melawan Covid, mencegah varian Omicron yang baru muncul ini.

"Maka saya minta bantuan saudara-saudara sekalian, ayolah kita Cilacap itu harus bebas Covid-19," ungkap Tatto kepada awak media.

Ditanya tempat-tempat yang akan ditutup menjelang Nataru, Tatto menyebut tempat wisata, alun-alun, dan tempat-tempat umum lain yang digunakan untuk berkerumun.

"Saya sudah ke Satpol PP, Polres, dan Kodim itu sudah siap untuk mengamankan, mengawal jalannya ibadah Natal nanti dengan protokol Covid," ujarnya.

Tatto menyadari bahwa Cilacap sekarang sudah sadar akan protokol Covid ini. Masyarakat sudah mulai sadar dan semua harus siaga.

"Sekarang lagi tak sisir bagaimana seluruh warga Cilacap harus sudah vaksin. Kita lagi usaha ke sana (vaksin 70 persen)," tandas Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji terkait antisipasi munculnya varian baru Corona, Omicron. (Pour).

Popular Posts