Mahasiswa Unimal Datangi SMPN 3 Gunung Meriah Ajak Siswa Jauhi Pergaulan Buruk

Aceh Singkil, MA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Membangun Kampung (KKN-MK) Kelompok 145 Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi bertemakan kenakalan remaja di UPTD SPF SMPN 3 GUNUNG MERIAH, Blok VI Baru, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil,  Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan itu dilakukan Guna memberikan pemahaman dan edukasi kepada siswa-siswi SMPN 3 GUNUNG MERIAH  tentang kenakalan remaja. Yang dibimbing oleh Khaidir S.Si., M.Si (DPL) dengan 8 anggota kelompok KKN-MK 145 lainya. 

Diantaranya,  Lestari Andayani (Ilmu Politik), Asni Aliani ( lManajemen), Silkha Mahfira Br Solin (EKP), Tati Julianti (Teknik Sipil), Rini Afriani (Hukum), Efrigusmeli (Teknik Industri), Nurhasiyah (Akuakultur), Ridani (Agribisnis).

Pihak UPTD SPF SMPN 3 GUMER menyambut baik kegiatan dengan menyediakan fasilitas sosialisasi kepada mahasiswa KKN UNIMAL.

Sosialisasi dilaksanakan diruang kelas yang diikuti oleh kurang lebih 110 siswa dan beberapa dewan guru lainnya. Para siswa tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang dinarasumberi oleh Rini Afriani dan Silkha, yakni mahasiswa KKN UNIMAL.

“Sekarang ini karena masih pandemi covid-19, UPTD SPF SMPN 3 Blok VI Baru telah menerapkan sistem shift untuk aktivitas belajar siswa/i, dimana jadwal belajar kelas VII,VIII,X dibedakan setiap harinya," ujar pak Suriadi S.Pd selaku Kepala Sekolah.

Meski begitu, covid-19 tidak mengurangi  persentase terjadi kenakalan remaja. Tidak sedikit informasi yang diterima bahwa masih maraknya beberapa perilaku kenakalan remaja yang merajalela yakni pesta minuman keras, tawuran, aksi balapan liar, dan tindakan kriminal lainnya.

Asni Aliani selaku moderator pada acara sosialisasi mengungkapkan, hal ini dapat terjadi disebabkan karena ruang penyaluran energi dan kreativitas remaja berkurang selama masa pandemi.

Dalam penyampaian sambutannya, pak Suriadi S.Pd juga mengungkapkan 

“Sosialisasi ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dari mahasiswa kepada siswa-siswi kami yang berhadir pada saat ini, kami berharap anak-anak kami kedepannya dapat mengikuti jejak dari segi baiknya para kakak mahasiswa KKN dan semoga sedikit banyaknya dapat menambah kepahaman anak didik kami mengenai kenakalan remaja," ucapnya.

Sementara itu, Rini Afriani dalam pemaparan materinya menyampaikan terjadi penyimpangan kenakalan remaja disebabkan oleh 2 faktor, faktor yang pertama yaitu faktor internal seperti perubahan biologis dan sosiologis serta kondisi diri yang lemah. Adapun, faktor yang kedua yaitu faktor eksternal seperti perceraian keluarga, teman pergaulan dan komunitas yang kurang baik.

Lebih lanjut Silkha juga menyampaikan dalam materinya bahwa “Berbagai kenakalan remaja yang terjadi dapat diatasi dengan 3 cara, yakni memperkuat kontrol diri atau tidak mudah terpengaruh, pandai memilih teman dan memperkuat keimanan kepada tuhan.

Dosen pembimbing lapangan, Khaidir S.Si., M.Si menyatakan bahwa kenakalan remaja di zaman modern ini sulit sekali dicegah. Hal ini dikarenakan perkembangan media sosial yg begitu pesat dengan tampilan berbagai macam peristiwa yang dapat dijadikan sebagai contoh dalam bertindak. Namun demikian, kenakalan pada remaja dapat diminimalisir dengan pembekalan ilmu agama yang baik sejak usia dini sehingga mereka akan tahu mana yang baik atau tidak untuk diikuti.

Diakhir kegiatan, Mahasiswa KKN UNIMAL mengajak siswa-siswi NOBAR(Nonton Bareng) _short movie inspiratif_ dan memberikan hadiah kepada siswa-siswa penanya terbaik yang telah disediakan oleh Mahasiswa. (Ril)

Popular Posts