Pemilihan BPK Perapat Batu Nunggul Secara Demokrasi, Ini Harapan Kades

Poto: Pemilihan Ketua dan Anggota BPK Perapat Batu Nunggul

Aceh Tenggara-mediaadvolasi.com. 
Dalam rangka menjalankan fungsi menampung aspirasi masyarakat serta pengawasan pada Pemerintahan Kute, Masyarakat Kute Perapat Batu Nunggul Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara mengadakan pemilihan langsung dalam rangka pengisian ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Kute (BPK), Sabtu (09/10/2021).

Ketua panitia pemilihan BPK Safruddin mengatakan, sebagaimana keputusan musyawarah dan rapat desa bahwa pada pengisian BPK kali ini masyarakat sepakat dilakukan dengan cara pemilihan langsung yang dilaksanakan melalui perwakilan wilayah dengan 3 wilayah sesuai dengan wilayah dusun di Kute Perapat Batu Nunggul yakni sebanyak 3 orang perwakilan laki-laki dan perwakilan perempuan 1 orang, untuk jabatan ketua 1 orang.
Poto: Pengulu Kute Perapat Batu Nunggul, Salamandi, S.Pdi bersama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Ulama Saat Pemilihan BPK.

Pada hasil Musyawarah Desa (Musdes) 5 orang untuk mengisi jabatan BPK, Dari 3 dusun yang ada di Kute Perapat Batu Nunggul, setiap dusun akan dipilih 1 orang untuk perwakilan anggota laki-laki. Sedangkan untuk anggota BPK perwakilan perempuan 1 orang wajib perempuan dan akan dipilih oleh perempuan perwakilan setiap KK, begitu juga untuk pemilihan ketua, setiap KK di Kute Perapat Batu Nunggul satu orang perwakilan KK untuk memilih ketua. Sebutnya.


Pemilihan kali ini diselenggarakan dengan menempatkan Tempat Pemilihan Suara (TPS), dan diambil suara terbanyak, jadi anggota dan ketua yang akan terpilih berasal setiap dusun dan keseluruhan sesuai peraturan yang mengatur tentang BPK.
Dari keterwakilan calon ketua dan anggota BPK, yang terjaring sebanyak 13 orang dengan rincian calon anggota BPK Laki-Laki wilayah Dusun Deleng Dewal sebanyak 2 calon, wilayah Dusun Cingkam Pulo Numbang sebanyak 3 orang dan Wilayah Dusun Cingcam Merunggu sebanyak 3 orang. Sedangkan calon BPK dari perwakilan perempuan terjaring sebanyak 3 orang, dan untuk ketua terjaring sebanyak 2 orang yang akan dipilih oleh setiap perwakilan KK se-Kute Perapat Batu Nunggul. Adapun jumlah pemilih keseluruhan 252 KK/orang. Jelas Safruddin.


Safruddin juga menyebutkan, dari penghitungan suara setelah selesai, diperoleh anggota BPK terpilih dari Wilayah Dusun Deleng Dewal yakni Leo Candra, Wilayah Dusun Cingkam Pulo Numbang Sabirin dan Wilayah Dusun Cingcam Merunggu Sukriadi, S.Pd. Sedangkan dari keterwakilan perempuan yaitu Sukamdiah, sedangkan untuk Ketua BPK terpilih Imron Hanafi, sebagaimana ditetapkan pada Rapat Pleno Penetapan calon anggota dan ketua BPK Perapat Batu Nunggul terpilih sekitar pukul 17.30 WIB di Lapangan Kute Perapat Batu Nunggul.


Pengulu Kute Perapat Batu Nunggul, Salamandi, S.Pdi menyebutkan, untuk pemilihan BPK kali ini secara demokrasi, berdasarkan kesepakatan masyarakat, dengan sistem di pilih langsung oleh masyarakat. 

Terlihat Pemerintah Kute juga mendukung sistem demokrasi ini, tidak mempersulit para calon dari persyaratan hanyan KTP, KK dan Ijazah, serta memfasilitasi pemilihan begitu juga anggaran pemilihan yang kita bebankan ke dana desa. 

Salamandi juga berharap kepada calon ketua dan anggota BPK terpilih untuk bisa menjalankan dan melaksanakan tugas serta amanah dengan baik. Juga agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Terimakasih kepada Panitia, Pemilih dan semua masyarakat yang telah antusias dan peduli dalam mensukseskan helat ini. Semoga selesai pemilihan ini, banyak desa-desa yang ada di Aceh Tenggara mengikuti pemilihan BPK seperti ini."

Selamat kepada yang telah terpilih, semoga dapat bersinergi dan melakukan akselerasi dalam membangun dan memajukan Desa Perapat Batu Nunggul ke arah yang lebih baik dan bermarwah mulia di sisi Allah SWT bagi kesejahteraan masyarakat, bekerja dengan hati, sepenuh hati dan hati-hati, Dengan tiga landasan ini akan muncul keinginan untuk bekerja keras, bekerja cedas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas, ujarnya.

Dalam acara pemilihan Badan Permusyawaratan Kute (BPK) di hadiri, Camat Lawe Alas, Pengulu Kute Perapat Batu Nunggul, Salamandi, S.Pdi, Koramil Lawe Alas, Kapolsek Lawe Alas, Mungkim, Karimin, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ulama Kute Perapat Batu Nunggul.(Haddin).

Popular Posts