Anggota DPR RI Sunarno Serahkan Bantuan Bulan Bakti Nelayan

Cilacap, MA - 1.500 paket bantuan operasional melaut diberikan kepada nelayan Cilacap, Jawa Tengah oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Direkorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT), Kamis (7/10/2021). 

Bantuan tersebut diserahkan dalam rangka Bulan Bakti Nelayan berbarengan dengan kunjungan kerja Anggota Komisi IV DPR RI Sunarna, SE, MHum di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC).

Selain penyerahan 1.500 paket bantuan tersebut, juga dilakukan penyerahan secara simbolis santunan kematian program BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan klaim asuransi SIMANTEP dari PT Jasindo Kantor Cabang Purwokerto, serta penyerahan kartu kepesertaan Program Pensiun iuran pasti PPIP atau jaminan hari tua DPLK BRI bagi nelayan di Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Ir Mansur MM selaku perwakilan Dirjen DJPT dan Anggota Komisi IV DPR RI Sunarna, SE, MHum.

"Selamat datang, Pak Mansur dan Pak Narna di Cilacap. Saya memiliki kenangan tersendiri dengan bapak berdua ini, beliau-beliau ini sejak dulu selalu memperhatikan pembangunan di Cilacap, dan saya berharap bapak-bapak akan terus membantu saudara-saudara kita khususnya para nelayan di Cilacap," sambut Tatto.

Sebagai Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, Mansur mengatakan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan berencana mengembangkan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) menjadi pelabuhan modern bertaraf Internasional.

Tujuannya, PPSC dapat menampung kapal-kapal ikan yang menangkap ikan di wilayah pengoperasian perikanan, seperti di wilayah WPP-NRI 573 atau di sekitar Samudera Indonesia dan laut lepas. "Ini akan meningkatkan ekonomi di Kabupaten Cilacap pada sektor perikanan," ungkap Mansur.

Selain itu, katanya, pemerintah akan memberikan asuransi Jaminan Hari Tua kepada nelayan di Kabupaten Cilacap. Asuransi diperuntukkan bagi kapal untuk ukuran sampai dengan 5 gross tonage (GT).

"Kemarin telah dilaksanakan sosialisasi untuk JHT ini. Ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan penghidupan pada awak kapal perikanan dan keluarganya jika terjadi pemutusan hubungan kerja atau sudah tidak mampu bekerja. Ini adalah program baru yang tahun ini sedang kita galakkan," tandasnya.

Anggota Komisi IV DPR RI Sunarna berjanji akan selalu membantu permasalahan di Kabupaten Cilacap, khususnya pada sektor kelautan dan perikanan. 

Ia juga akan terus bekerja sama dan mendukung program-program pemerintah daerah di Cilacap dan Banyumas di segala sektor. (Pour)

Popular Posts