Dari 230 Peserta PPPK-Non Guru, hanya 13 orang yang Lolos Passing Grade

Aceh Singkil-mediaadvokasi.com. 
Dari 230 peserta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru di Kabupaten Aceh Singkil hanya sebanyak 13 orang peserta yang lolos nilai passing grade (ambang batas). 

"Peserta PPPK-non guru yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) di Aula Dinas Kesehatan setempat, hinga Sabtu 2 Oktober 2021 kemarin hanya 13 orang peserta yang lolos nilai passing grade, "kata Ali Hasmi, Kepala BKPSDM Aceh Singkil, Minggu (3/10/2021). 

Ali Hasmi mengatakan,  untuk penerimaan formasi yang di butuhkan PPPK-non Guru tersebut  mencapai 140, hal ini dinilai sangat minim.

“Ini menjadi perhatian bersama kenapa kelulusannya sangat minim. KPSDM berjanji akan menyampaikan keluhan-keluhan peserta yang sulit menembus nilai passing grade seleksi kompetensi eknis yakni 225,” kata Ali Hasmi. 

Kita harap dengan kelulusan minimal ini, tim Menpan-RB, dapat kiranya menurunkan passing grade, mengingat pengetahuan atau SDM tidak sama se -Indonesia, 

"kita harap ada kebijaksanaan afirmasi dari Kemenpan-RB, untuk daerah yang masih tertinggal,” ujarnya.

Para Peserta PPPK merupakan penduduk Aceh Singkil yang dibuktikan dengan E-KTP yang sudah berpengalaman kerja selama tiga tahun.

Setiap soal dibagi kedalam 4 kategori yakni 90 soal tes seleksi kompetensi Teknis, 25 soal tes kompetensi manajerial, 20 soal seleksi kompetensi sosio kultural dan 10 soal tes wawancara (Online).

Untuk peserta yang ikut seleksi harus mampu mencapai nilai yang ditetapkan diantaranya, nilai passing grade Kompetensi Teknis yakni 225, nilai passing grade Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural 130 dan nilai passing grade tes wawancara yakni 24.

Sementara proses tes seleksi kompetensi PPPK Non-Guru tersebut sesi pertama dimulai 1 Oktober lalu dengan jumlah 60 peserta dan 2 Oktober ( hari terakhir ujian) dilanjutkan sesi kedua dengan jumlah peserta 60, sesi ketiga 60 dan sesi ke empat 50 peserta.

Disebut bahwa di sesi pertama ada 2 peserta lolos passing grade, sesi kedua 3 peserta, sesi ketiga 7 peserta dan sesi keempat hanya 1 peserta. (Ahmad)

Popular Posts