Anggota DPR RI Komisi VI Berikan Cultivator Kepada 7 Kelompok Tani di Jeruklegi

CILACAP, MA - Sebanyak 7 Kelompok tani (Poktan) yang berada di tujuh Desa di wilayah Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menerima bantuan cultivator dari Anggota DPR RI komisi VI, Adisatrya Suryo Sulisto. 

Anggota DPR RI komisi VI, Adisatrya Suryo Sulisto menyerahkan bantuan cultivator kepada tujuh Poktan dalam Reses Masa Sidang ll Tahun 2021-2022 yang dilaksanakan Sabtu (16/10), bertempat di kediaman Andry Leonard Rotty Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Fraksi PDI Perjuangan. 

"Hari ini kita berikan cultivator sebanyak 7 unit untuk para petani melalui Poktan. Diharapkan bantuan ini bisa membantu petani untuk persiapan lahan," ungkap Adisatrya Suryo Sulisto, Anggota DPR RI komisi VI. 

Ia berharap agar produktifitas petani semakin meningkat yang bertujuan agar tercapainya program ketahanan pangan, khususnya di wilayah Jeruklegi. 

Menanggapi keluhan para petani tentang kelangkaan pupuk bersubsidi, ia mengakui bahwa alokasi pupuk bersubsidi masih belum merata, oleh karenanya pihaknya akan menyampaikan aspirasi dari petani tersebut ke pusat untuk ditindaklanjuti. 

"Sistemnya seperti apa, nanti kita tinjau ulang. Saya belum fahami betul, nanti akan saya koordinasikan ke pusat agar segera diperbaiki sistemnya supaya penyaluran pupuk bisa lebih tertata dan akurat," ucapnya.

Sementara, Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Fraksi PDI Perjuangan, Andry Leonard Rotty menambahkan, pihaknya tengah mendata luas lahan para petani, khususnya di wilayah Kecamatan Jeruklegi dan kemudian akan dikoordinasikan kepada instansi terkait. 

"Kendala di lapangan yakni terkait pengiriman pupuk bersubsidi dari pusat. Kuota yang kita ajukan untuk Kabupaten Cilacap tinggi, namun yang disetujui oleh Kementrian masih sedikit dan kita terus berupaya agar kuota pupuk untuk petani semua terpenuhi," katanya. 

Ketujuh Poktan yang mendapat bantuan cultivator tersebut antara lain, kelompok tani 'Citra Mandiri' Desa Citepus, 'Lestari Bumiku' Desa Cilibang, 'Manunggal' Desa Sumingkir, 'Anugerah Makmur' Desa Jeruklegi Kulon, 'Wiya Tani' Desa Sawangan, 'Mugi Lestari' Desa Jeruklegi Wetan dan kelompok tani 'Tani Makmur' Desa Prapagan. (Pour)

Popular Posts