Hutan Rampong Desa Terlis Terbakar, Diduga Berasal Dari Pembakaran Lahan Kebun.

Gayo Lues-mediaadvokasi.com, 
Hutan Rampong Desa Terlis Kecamatan Terangun, Kabupaten Gayo Lues Terbakar, Minggu (05/09/21) malam. Diduga kebakaran bermula ada salah seorang warga setempat yang membakar lahan kebun. 

Danramil 01/Terangun mengatakan, petugas hingga saat ini masih berusaha memadamkan api. Lokasi titik api sulit dijangkau karena Medan yang sulit, apalagi lokasinya di pegunungan sehingga mobil pemadam kebakaran tidak dapat menuju lokasi titik api.

Danramil mengatakan, petugas
Personil Koramil 01/ Terangun Kodim 0113/Gayo Lues terus melakukan pencarian titik lokasi kebakaran yang terpantau aplikasi Hot Spot (Lancang Kuning). Selain Personil Koramil Terangun, pencarian lokasi kebakaran tersebut juga melibatkan petugas pemadam kebakaran sebanyak 2 orang, warga masyarakat 4 orang, personel Polsek Terangun 2 orang dan personel Polhut 2 orang. 

Lokasi kebakaran merupakan bekas kebun warga yang sudah lama ditingalkan pemilik dan saat ini sudah menjadi hutan dan semak belukar sehingga berpotensi terjadinya kebakaran. Diperkirakan lahan yang terbakar tersebut mencapai 2 (dua) hektar. 

Disampaikan Danramil 01/Terangun Kapten Inf Fajrul Azwar, Kebakaran hutan diduga disebabkan lantaran adanya masyarakat yang melaksanakan pembukaan lahan kembali di lokasi tersebut dengan cara membakar. 

"Kondisi di wilayah Kecamatan Terangun dalam minggu terakhir sudah tidak turun hujan dan bercuaca panas juga disertai angin kencang, sehingga menyebabkan api cepat membesar dan merembet yang mengakibatkan terjadinya kebakaran", ucap Danramil Inf Pajrul Azwar, 

Saat ini personil gabungan terus melakukan pencarian dan pemadaman yang lokasinya menempuh jarak dari Koramil 01/Terangun lebih kurang sejauh 10 km. 

Hingga saat ini, Senin (6/9/21) titik lokasi belum ditemukan dan api belum dapat dipadamkan lantas Danramil 01/Terangun terus berkoordinasi dengan Muspika Kecamatan Terangun guna menindak lanjuti masalah karhutla di wilayah Kecamatan Terangun itu. 

"Pun demikian, kita memerintahkan anggota. Pagi ini mereka kembali melakukan pencarian dan pemadaman api di hutan desa terlis itu. tutup Danramil 01/Terangun Kapten Inf Fajrul Azwar. (Mahara).

Popular Posts