TP PKK Gayo Lues Gelar Pelatihan Berbagai Anyaman Berbahan Dasar Bambu

Gayo Lues-mediaadvokasi.com, 
Sebanyak 20 orang lebih kaum ibu di Kecamatan Rikit Gaib mengikuti pelatihan anyam bambu. Pada pelatihan yang digelar PC PKK Kabupaten para ibu ibu ini di latih membuat berbagai kerajinan rumah tangga dari bahan bambu. Seperti Tampah, bakul Besar dan kecil , serta kerajinan lainya. Pelatihan di buka langsung oleh Ketua PKK Gayo Lues Hartati Amru, Senin (9/8/2021) di Aula Kantor Camat Rikit Gaib.

Camat Rikit Gaib Sukri S. Kep. menyambut baik pelaksanaan pelatihan yang di lakukan PC. PKK Kabupaten Gayo Lues Melalui Pokja 3. Diharap pelatihan ini bisa terus berlanjut di laksanakan PKK. Untuk tahap awal ini hanya diwakili 5 desa .untuk selanjutnya bisa dilaksanakan bagi 13 desa.

Kepada para peserta diharap bisa dengan serius mengikuti pelatihan, hingga dapat mengembangkan menjadi produk unggulan di Kecamatan Rikit Gaib. Apalagi dengan bahan dasar yang sangat banyak tersedia di seputaran Rikit Gaib ini sangat dukung bagi pengembangan kerajinan bambu.

Diharap dengan kemampuan menganyam bambu yang di dapat dalam pelatihan ini bisa membantu peningkatkan ekonomi keluarga. Para peserta diminta bisa menularkan ilmu yang di dapat dalam pelatihan ini.

Ketua PKK Gayo Lues Hartati Amru menyebutkan pelatihan anyam bambu diberikan kepada para anggota PKK di desa -desa yang ada di kecamatan Rikit Gaib bertujuan untuk membantu meningkatkan ekonomi. Dengan kemampuan menganyam berbagai kerajinan dari bambu ibu -ibu bisa memproduksi berbagai kebutuhan rumah tangga yang selama ini dipasok dari berbagai daerah. Dari luar Gayo Lues.

Tentu saja diharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius agar Dapat menyerap semua ilmu dengan optimal. Melihat kondisi Geografis Rikit Gaib alamnya sangat tandus hingga tidak mendukung bagi sektor perkebunan dan pertanian dengan ilmu yang di dapat bisa menjadikan kerajinan tangan Rikit Gaib sebagai sektor unggulan baru. Pelatihan ini hanya pelatihan dasar . Diharap ilmu yang di dapat bisa dikembangkan terus . Dan di tularkan kepada masyarakat lainya agar dapat berkembang dengan baik.

Kadis BPMK Sartika Mayasari S.STP dalam memotivasi kaum ibu untuk mengikuti pelatihan dengan baik. Pelatihan kerajinan sangat membantu bagi kaum ibu dalam menjadi industri rumahan nantinya .dengan bahan dasar yang melimpah di Kecamatan Rikit Gaib sangat mendukung menjadikan kecamatan sebagai produsen kerajinan anyam bambu di Gayo Lues.

Banyak daerah lain maju karena kerajinannya seperti daerah wisata di Jawa. Hanya menjual kerajinan dapat membantu ekonomi keluarga.diharap kedepan Rikit Gaib juga bisa menjadi daerah industri berbagai kerajinan di Gayo Lues di dukung dengan potensi wisata yang ada. (Mahara).

Popular Posts