Peringati Tahun Baru Islam 1443 H Warga Kampung Simpang Rahmat Lakukan Doa Bersama dan Mengelar Kesenian Wayang Kulit.

Redelong-mediaadvokasi.com
Untuk memperingati hari tahun baru Islam 1443 H 2021 M, Warga Kampung Simpang Rahamat Kecamatan Gajah Putih Kabupaten Bener Meriah mengelar doa bersama, acara tersebut berlangsung di hakaman Kantor Kepala Desa Simpang Rahmat pada minggu 29 Agustus 2021.

Selain mengelar doa bersama, masyarakat Kampung Simpang Rahmat atau sering dikenal dengan sebutan Kampung Gedung Tengah tersebut, juga merayakan dengan mengelar kesenian wayang kulit, hal itu dilakukan masyarakat Kampung tersebut sebagai tradisi turun-temurun  dan sebagi wujut permohonan kepada Tuhan yang maha Kuasa agar dijauhkan dari segala bentuk mala petaka.
Alamsyah, sebagai Tokoh Adat Kampung tersebut kepada media ini mengatakan, tujuan dari do' a bersama serta pagelaran wayang kulit tersebut semata-mata mecari rido Tuha yang Mahe Esa, agar setuasi menjadi aman tentram dan damai, katanya.

Iya juga menjelaskan," ini merupakan kegiatan internal warga Kampung Simpang Rahmat saja dan tidak mengundang tamu dari luar Kampung disebabkan situasi yang kita rasakan saat ini, serta untuk pelaksanaan kita tetap mematuhi protokol kesehatan", ucapnya.
Alamsyah juga mengatakan, 
sejak di bukanya Kampung ini tahun 1937 banyak kendala dan bencana, oleh sebab itu kegiatan doa bersama ini setiap tahunnya selalu dilakuan di Kapung ini, dan khusus pada tanggal 29 Agustus hari ini dan sudah menjadi tradisi turun temurun warga kita tidak ada yang beranjak ke kebun, tandas Alamsyah selaku Tokoh Adat Kampung Simpang Rahmat.

Masih ditempat yang sama, Ketua Paguyuban Seni dan Budaya Nusantara Kabupaten Bener Meriah, Surip Marsikin.SP. mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya, dirinya selaku Ketua Paguyuban Seni dan Budaya Nusantara sangat mendukung budaya tradisional yang tetap di jaga di Wilayah Kabupaten Bener Meriah.
Marsikin berharap kedepannya seni serta budaya ini dapat lebih maju," ini merupakan wujud melestarikan kebudayaan bukan untuk di tandingkan", ucapnya.

Ia juga berharap kepada pemerintah khususnya Pemda Bener Meriah agar kiranya bisa membantu dan membina serta berpartisipasi kelangsungan budaya tersebut, harap Surip Marsikin SP. Selaku Ketua Paguyuban Seni dan Budaya Nusantara Kabupaten Bener Meriah,( Kiki)

Popular Posts