Kepala Desa Se-kecamatan Bandar Lakukan Studibanding Terkait Pembangunan SPBU di PRG.

Redelong-Mediaadvokasi.com,
Puluhan  Kepala Kampung ( Reje ) Sekecamatan Bandar melakukan kunjungan sekaligus studibanding terkait rencana pembangunan SPBU Pertamina di Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Kehadiran rembongan Kepala Kampung tersebut langsung di pimpin oleh Camat Kecamatan Bandar Rais Abidin SH. dan disambut oleh Camat Kecamatan Pintu Rime Gayo Eddi Iwansyah Putra SH. dan juga Direktur PT.Pintu Rimi Gayo Energi, Ilham, serta Ketua Bumdesma Pintu Rime Gayo Usman, dan para Kepala Kampung se-Kecamatan Pintu Rime Gayo.pada rabu 4 Agustus 2021 kemarin.
Rais Abidin, Selaku Camat Kecamatan Bandar Saat menyampaikan sambutannya mengatakan, kehadiran Reje Se-Kecamatan Bamdar, berniat untuk melakukan penyertaan modal BUMK mereka dalam membangun dan mengelola SPBU Pertamina di wilayah mereka sebagaimana Pintu Rime Gayo, yang telah terlebih dahulu melakukan segala persiapan sejak tahun kemarin.

para reje se-Kecamatan Bandar tersebut ingin ikut mencontoh kesuksesan para Reje di Kecamatan Pintu Rime Gayo dalam hal pengembangan modal BUMK Kampung.
Seperti sudah diketahui bahwa Bumdesma Pintu Rime Gayo melalui anak usahanya PT. Pintu Rime Gayo Energi telah menyampaikan permohonan pembangunan dan pengelolaan sebuah SPBU pada Juli lalu kepada Pertamina Aceh secara resmi, maka rombongan dari Kecamatan Bandar merasa perlu untuk bertukar pikiran dan belajar dari Pintu Rime Gayo bagaimana Pintu Rime Gayo dapat merealisasikan cita cita para Reje yang sudah dimulai sejak tahun 2020 sampai bisa ketahap sekarang ini. 

Sementara itu, Eddi Iwansyah Putra SH. dalam Sambutannya menceritakan tahapan tahapan sejak awal sampai dengan berdirinya Bumdesma, mulai dari musyawarah para reje untuk menyatukan persepsi dalam rencana memiliki usaha SPBU sampai dengan aturan aturan hukum yang perlu disepakti dan ditetapkan bersama oleh para Reje sehingga rencana SPBU dapat berjalan dalam koridor aturan tentang Desa serta tata pelaksanaannya.

," yang paling penting adalah semangat para Reje dan dukungan penuh dari segenap elemen masyarakat yang harus tetap terjaga sampai SPBU ini mulai dibangun dan beroperasi", Kata Eddi Iwansyah Putra.

Dalam kesempatan yang sama Ilham Direktur PT Pintu Rime Gayo Energi menjelaskan lebih rinci teknis realisasinya mulai dari pembentukan anak usaha Bumdesma, PT. Pintu Rime Gayo Energi sebagai perusahaan yang akan bermitra dengan pihak Pertamina dalam pengelolaan SPBU Pertamina Pintu Rime Gayo sampai dengan sistim majemen yang sudah dilakukan sampai saat ini. 

Selain itu Ilham juga menekankan bahwa nantinya pemilihan pengurus SPBU juga harus dilakukan secara selektif yaitu yang memiliki kompentensi dalam pengelolaan sebuah usaha secara profesional. 

," Apalagi dana pembangunan SPBU ini jumlah besar dan bersumber dari dana Desa, sehingga intigritas pengelolanya harus jelas dalam melaksanakan amanat Reje dan masyarakat dalam mewujudkan cita cita desa memiliki sebuah SPBU", Jelas Ilham.

Dalam pertemuan tersebut, rombongan juga menyampaikan beberapa pertanyaan mulai dari pengaturan saham sampai dengan rancangan bentuk SPBU nya. 

Acara studi banding rombongan dari Kecamatan Bandar diakhiri dengan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya dan rombongan memohon kepada seluruh pihak di Pintu Rime Gayo untuk dapat memberikan ilmunya, pengalaman bahkan bimbingan kepada para Reje reje di Bandar agar mereka juga dapat mengikuti cita cita mulia Pintu Rime Gayo untuk menjadi desa yang mandiri melalui usaha sebuah SPBU Pertamina.( Kiki )

Popular Posts