Kabupaten Aceh Besar Diselimuti Sampah Limbah Rumah Tangga

Aceh Besar-Mediaadvokasi.com,
Kabupaten Aceh Besar memang sulit untuk lepas dari masalah sampah. Bau menyengat dan keberadaannya yang bertebaran secara sembarang di lingkungan sekitar menjadi bukti bahwa sampah ibarat “teman hidup” kita sehari-hari. Permasalahan yang belum kunjung membaik ini tentu akan memunculkan satu pertanyaan, “kapan kelarnya?”

Kebersihan lingkungan sebagai salah satu alat ukur kualitas hidup masyarakat, masyarakat yang telah mementingkan kebersihan lingkungan dipandang masyarakat yang berkualitas hidupnya tinggi dibandingkan masyarakat yang belum mementingkan kebersihan. Salah satu aspek yang dapat dilihat yaitu kebersihan lingkungan adalah sampah. Bersih atau kotornya suatu lingkungan tercipta melalui tindakan-tindakan manusia dalam mengelola sampah mereka hasilkan. Perilaku manusia yang tidak bertangung jawab terhadap sampah dapat menyebabkan munculnya masalah dan kerusakan lingkungan.

"Kita telah menyediakan bak sampah atau bak kontainer sampah untuk menampung sampah rumah tangga dan sampah jenis lainnya dan telah melibatkan Satpol PP mengawasi tempat pembuangan sampah ," ujar Drs Syukri kepada Mediaadvokasi.com.

Tetapi, kesadaran masyarakat saja yang kurang. Mereka sesuka hati membuang sampah tanpa mempedulikan lingkungan dan kesehatan.

Mereka telah memasang spanduk larangan membuang sampah di tempat yang tidak disediakan bak kontainer.  Namun, mereka juga tak mau peduli.

Dampak membuang sampah di sembarangn tempat bukan aja menimbulkan bau tak sedap juga terkesan menjadi jorok dan lingkungan yang kumuh.

"Antisipasi virus corona menjaga pola hidup bersih, "katanya.( Tika )

Popular Posts