Peringati HUT Ke-75, Pangkalan Lanal Cilacap Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Reguler


Cilacap, MA
- Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap menggelar donor darah konvalesen dan donor darah reguler secara serentak di Mako Lanal Cilacap jalan Niaga Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (12/8/2021).

Kegiatan atas perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melalui Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, juga dalam rangka memperingati HUT ke-75 Jalasenastri.

Donor kali ini merupakan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, disaksikan oleh KSAL dan Ketua Umum PMI Pusat M Jusuf Kalla melalui video conference (vidcon).

Donor plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan diproses sebelum diberikan kepada pasien atau penderita. Donor plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien atau penderita lain yang belum sembuh dari Covid-19.

Sehingga dengan adanya donor plasma konvalesen ini, diharapkan dapat menyelamatkan jiwa manusia serta masyarakat yang tengah berjuang melawan infeksi Covid-19.

Pengambilan darah para pendonor dilaksanakan dengan melewati beberapa tahap sebelum darah diambil, diantaranya pendaftaran, screening, dan setelah dianggap memenuhi standar sebagai pendonor, selanjutnya dilaksanakan pengambilan darah dan observasi.

"Kegiatan ini menindaklanjuti program dari pimpinan TNI AL agar satuan di bawah, seperti Koarmada, Lantamal, maupun Lanal melaksanakan donor darah dalam rangka membantu masyarakat dalam mengatasi Covid-19, khususnya bagi mereka yang terkena," ujar Sugeng Subagyo. 

Donor kali ini diikuti 50 orang pendonor darah reguler dan sekitar 50 orang pendonor plasma konvalesen, namun yang memenuhi syarat hanya 15 orang. 

"Hal ini sangat berarti bagi TNI AL dalam upaya meningkatkan kesembuhan dari pasien yang terpapar Covid-19," imbuh Danlanal, sembari menegaskan bahwa jumlah pendonor hari ini sudah dicek oleh PMI, dan tercatat donor reguler sekitar 20 personel dan donor plasma sekitar 20 orang, namun yang memenuhi syarat hanya 4 orang. 

Danlanal menerangkan, kegiatan donor reguler dan donor plasma di seluruh Indonesia terdiri dari tiga Kotama, Koarmada I, II, III, semuanya melaksanakan kegiatan donor darah reguler maupun donor plasma. 

Termasuk Kolinlamil, kemudian Kormar, dan AL, semua melaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan donor plasma yang ada di PMI. "PMI masih sangat membutuhkan," tandas Sugeng. 

Direktur Unit Donor Danar (UDD) PMI Kabupaten Cilacap dr Yuyung Budi Wicaksono mengatakan pihaknya tak bisa memprediksi kebutuhan plasma konvalesen di Cilacap. Tapi antrean (plasma) di Cilacap tidak ada, sehingga kita punya buffer stock lumayan banyak. 

Pihaknya berterimakasih kepada masyarakat Cilacap yang mau mendonorkan plasmanya. "Begitu ada kebutuhan plasma langsung terlayani," kata dr Yuyung. 

Menurutnya, dari seminggu yang lalu sudah nol antrean, tidak ada antrean. Untuk Covid sudah terpenuhi kebutuhannya, dan kita bisa menyimpan plasma itu satu tahun. 

Terkait distribusi plasma yang dilakukan PMI Cilacap, ia menjelaskan, dari bulan Januari 2021 hingga hari ini sudah mendistribusikan plasma sejumlah 383, dengan stok kita hari ini ada 60 kantong plasma dengan berbagai golongan. "Antreannya nol, alhamdulillah," ucap Yuyung. (Pour)

Popular Posts