Proses Vaksin Tenaga Pendidik di Puskesmas Kecamatan Pagaden Subang Berjalan Lancar

Subang, MA-Proses vaksin tenaga pendidik di puskesmas kecamatan pagaden subang berjalan lancar. Subang (14/07)
Sebagai prasarat dibukanya sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka atau PTM yaitu melaksanakan vaksin bagi guru dan siswa.
Vaksin sudah mulai berjalan sejak pertengahan bulan Februari dan diharapkan pada Juni 2021 seluruh tenaga pendidik dan siswa sudah mendapatkan vaksin sehingga pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan bulan Juli 2021.
Kedepannya, meski tenaga pendidik dan siswa telah di vaksin, pelaksanaan PTM harus menerapkan 5 M bukan lagi 3 M.
Gerakan 5 M merupakan pelengkap dari gerakan 3 M, yaitu:
- Memakai masker
- Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir
- Menjaga jarak
- Menjauhi kerumunan
- Membatasi mobilisasi dan interaksi
Bagi pendidik yang sudah pernah terpapar virus Covid 19 mesti melaksanakan vaksin pasca terpapar 3 bulan.
Menurut Herni, petugas vaksinator puskesmas pagaden, dilakukan vaksin untuk mematikan virus jika pernah terpapar dan memberikan kekebalan bagi tubuh. 
Jelas Dr. Anggraeni Ginting selaku kepala puskesmas pagaden, pelaksanaan vaksin bagi tenaga pendidik sudah 80%, sisanya belum terlaksana 20 % karena hal yang memberatkan, semisal bagi yang pasca terpapar harus menunggu 3 bulan. Bagi sekolah yang akan melaksanakan PTM harus seluruh tenaga pendidik mendapatkan vaksin sebagai syarat keluar ijin.
Berikut ini alur proses pelaksanaan vaksin di puskesmas, mulai dari pendaftaran dengan menyiapkan data diri sesuai e-ktp, kemudian diperiksa kondisi tubuh dengan tensi dan berat badan, lalu penyuntikan vaksin jenis Sinovac, terakhir diberikan sertifikat sebagai bukti telah di vaksin.(Galih) 

Popular Posts