Panglima TNI dan Kabaharkam Polri Tinjau Vaksinasi Massal Covid-19 di Cilacap

Cilacap-Mediaadvokasicom,
Komandan Korem (Danrem) 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin dan Komandan Kodim (Dandim) 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi mendampingi kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto meninjau program Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah di Gedung Patra Graha Pertamina RU IV Cilacap, Jumat (4/6/2021) siang. 

Panglima TNI dan Kabaharkam Polri melihat langsung kegiatan vaksinasi yang dipandu oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi.

Panglima berdialog dengan warga yang sedang menjalani vaksinasi maupun para vaksinator.

Kepada awak media, Panglima TNI mengatakan, tujuannya ke Cilacap untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia dan pra lansia yang ada di Cilacap.

"Saya lihat pelaksanaan vaksinasi bagus, tertib, dan lancar, sesuai target yaitu 140.000 orang. Yang sudah divaksin 40.000 orang dan kekurangannya akan dilakukan secara bertahap dari total penduduk 1,9 juta jiwa. Alhamdulillah dengan pelaksanaan kegiatan di Cilacap ini untuk memitigasi varian baru yang ditakutkan dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak sampai bermutasi ke masyarakat," katanya.

Selanjutnya Panglima menekankan, terus laksanakan tracing dan laksanakan 3 M, terutama penggunaan masker agar terus digelorakan kepada masyarakat, sehingga kasus positif Covid dapat ditekan, dengan kolaborasi yang baik antara Forkopimda Cilacap dengan aparat terkait. 

"Hal tersebut diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19 dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," ungkap Panglima TNI.

Kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 di Pertamina RU IV Cilacap digelar selama 2 hari, yaitu Jumat dan Sabtu (4-5/6/2021) dan menargetkan 1.000 orang yang diprioritaskan kepada para lansia. Program ini didukung 200 vaksinator. 

Dalam vaksinasi per hari ditargetkan sebanyak 500 orang yang dipusatkan di Gedung Patra Graha. 

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Gedung Patra Ria dan GOR Avtur Pertamina RU IV Cilacap.

Tujuannya untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19, dan vaksinasi dapat menciptakan kekebalan kelompok guna mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat. 

Selain itu, vaksinasi diharapkan dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

Yang mendampingi Panglima TNI, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, Aster Panglima TNI Mayjen Madsun, Kapuspen TNI Mayjen Prantara Santosa, Kababek TNI Marsma Sugeng Wiwoho, Mayjen TNI (Purn) Gunawan Pakki, dan beberapa perwira menengah.

Kabaharkam Polri didampingi oleh Kapusdokkes Mabes Polri Brigjen Pol dr Rusdianto, Karumkit Bhayangkara TK 1 Raden Said Sukanto Brigjen Pol dr Asep Hendradiana, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Pol Dr Ahmad Ramadhan, dan Koorsmin Kabaharkam AKBP Boy Jackson Situmorang.

Hadir Kepala BNPB RI Letjen TNI Ganip Warsito, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II Marsekal Madya Imran Baidirus, Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono, Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Dan Lanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, Kapolres Cilacap AKBP Dr Leganek Mawardi, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol Cpm (K) Asmin Tapahing, dan GM Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto. (POUR)

Popular Posts