Danramil 03/Blangkejeren Bantu Warga Padamkan Api yang Melahap Kebun Serai Wangi

Gayo Lues-Mediaadvokasi.com, 
Bencana alam kebakaran terjadi dan melalap kebun serai wangi milik Zulkifli (40 Tahun) salah satu petani warga dusun panglime belas, desa Agusen Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, kebakaran ini terjadi pada minggu (13/6/21). 

Setelah mengetahui informasi kebakaran tersebut, Danramil 03/Blangkejeren Kapten Inf M. Saleh bersama babinsa desa setempat dan sejumlah Personel Koramil lainnya langsung bergegas ke Lokasi untuk melakukan pemadaman api. 

Sesampainya di lokasi yang dituju, terlihat kobaran api masing menjulang tinggi. Dengan peralatan seadanya, personel Koramil 03/Blangkejeren dipimpin langsung Kapten M. Saleh langsung melakukan tindakan.

Selain Danramil, dengan dibantu sejumlah warga desa, yang ikut memadamkan kobaran api tersebut yaitu, Bati Tuud Koramil 03/Bkj Srm Budi Kusuma, Babinsa Agusen Sertu Abdiansyah, Serka Sukino, Serda Pipit Sandra, dan juga Kepala Desa Agusen. 

Beruntung Personil TNI itu cepat tiba di lokasi. Sebelum api menjelar ke lahan perkebunan warga lainnya kebakaran dengan cepat bisa dipadamkan. Diperkirakan kabakaran ini hanya menghanguskan 0, 5 hektare saja. 

Setelah di lakukan pemadaman dan dipastikan api tidak lagi menjalar, personel koramil Blangkejeren itu menyelidiki kepada pemilik lahan tentang sebab terjadinya kebakan itu. 

"Setelah diselidiki, kebakaran ini terjadi akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab diduga dengan sengaja membakar lahan warga yang sudah ditanam serai wangi", ucap Danramil M . Saleh. 

Kapten Inf M. Saleh berharap untuk kedepanya agar para warga di Kecamatan Blangkejeren tidak terkecuali warga desa Agusen agar jangan membakar lahan dan hutan di lokasi tempat bermukim ataupun dekat lokasi pertanian. 

" Selama ini kita sudah sering memberikan sosialisasi tentang bahayanya membakar lahan dan hutan, namun masih ada saja tangan jahil dengan sengaja melakukannya. Kita berharap kedepan masyarakat akan semakin sadar akan hal ini" cetusnya. 

Kepada warga setempat Kapten Saleh menghimabu agar tidak membakar lahan walaupun untuk keperluan usaha tani. Himabauan ini juga disampaikannya kepada Kepala Desa Agusen Ramadan uuntuk memberikan pemahaman kepada warga lainnya.

Popular Posts