Zulherman Koordinator Solidaritas Wartawan Aceh Tamiang : Pekerjaan Dengan Anggaran Miliyaran Rupiah, Namun Tidak Didampingi Konsultan

Aceh Tamiang-mediaadvokasi.com
Sebelumnya, para Jurnalis yang tergabung dalam Solidaritas Wartawan telah melakukan konfirmasi dengan Direktur PDAM Tirta Tamiang, pada Rabu (28/04/2021).

Kegiatan tersebut kembali berlanjut dengan turun langsung kelokasi pekerjaan pemasangan jaringan pipa air minum, di Kecamatan Rantau, sabtu (01/05/2021). 

Dilokasi kegiatan, terlihat pada papan nama proyek pekerjaan optimalisasi Spam IKK Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, nomor kontrak : HK. 02.03/PPK-AM/Kont/24203, tanggal kontrak : 30 Desember 2020, nilai kontrak : Rp. 2.424.067.000, kontraktor pelaksana PT. TH, konsultan supervisi GK, sumber dana APBN anggaran tahun 2021 Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Aceh Pejabat Pembuat Komitmen Air Minum, waktu pelaksanaan 180 hari kelender. 
Saat berada dilokasi kegiatan, para wartawan hanya melihat para pekerja galian pipa dan tenaga kerja penyambungan pipa. Sepanjang galian, minim sekali police line, para pekerja tidak menggunakan kelengkapan keselamatan kesehatan kerja (K3). Tidak ada konsultan pengawas disaat penyambungan dan penimbunannya, juga tidak ada pengawas dari pekerja. 

Beberapa pekerja dilapangan, ketika akan dikonfirmasi oleh para Wartawan, mereka menolak dan mengatakan," kami hanya pekerja, sedang pengawas minggu lalu ada, yang jelas kami tidak tahu masalah proyek,"ungkap mereka. 

Lebih lanjut Zulherman koordinator solidaritas wartawan mengatakan," pekerjaan dengan anggaran miliyaran rupiah, tapi tidak didampingi konsultan saat pelaksanaan dilapangan," jelasnya.

"Ini harus menjadi perhatian semua pihak, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tamiang tidak mengetahui kegiatan pemasangan pipa air minum di wilayah kerjanya dan ditambah lagi tidak ada yang mengawasi pekerjaan tersebut, terus bagaimana hasilnya bisa dipertanggungjawabkan, " tegas Zulherman. (Eri Efandi)

Popular Posts