Personil Koramil 03/Blangkejeren Disiplinkan Penerapan Protokol Kesehatan

Gayo Lues-Mediaadvokasi.com, 
Seluruh personil Koramil 03/Blangkejeren terus menerapkan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat yang hendak melaksanakan shalat Idul Fitri.

Danramil 03/ Blangkejeren Kapten Inf M. Saleh membenarkan bahwa seluruh personil Koramil 03/ Blangkejeren mengajak jamaah Masjid untuk menerapkan kebijakan protokol kesehatan Covid dalam pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri 1442 H di wilayah Kec. Blangkejeren Kab. Gayo Lues. 

Gagasan tersebut dinilai cukup baik dalam upaya antisipasi penyebaran wabah Covid-19 bagi masyarakat Kec. Blangkejeren yang belakangan ini cukup banyak yang terpapar Covid

Ada beberapa poin yang harus dipatuhi jamaah yang sholat berjamaah di Masjid sebagai antisipasi penyebaran wabah Covid.Yakni wajib pakai masker, membawa sajadah dari rumah, berwudhu dari rumah, pemeriksaan suhu tubuh, suhu yang dibatasi lebih kurang 37,3 C, tidak membawa anak-anak, jaga jarak satu meter, jamaah tidak bersalaman.

“Tadi kita sudah lihat kesiapan masjid, dengan membuat aturan yang harus dipatuhi jamaah. Semua sudah tersedia sesuai protokol kesehatan Covid dengan menyediakan thermogun, physical distancing juga dijaga, berwudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, dan khutbah hanya sepuluh menit.

“Masyarakat mesti terbiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai bagian dari kehidupan baru dari virus Covid. Baik dalam aktivitas ekonomi, sosial, pekerjaan, dan ibadah berjamaah di masjid, mushalla dan rumah ibadah lainnya di Kec. Blangkejeren, Masyarakat sadar dan membudayakan pakai masker, jaga jarak, pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun. 

“Pak Babinsa sangat tegas dalam mendisiplinkan warganya, bahkan sampai dengan posisi mimbar di masjid pun diatur supaya ada jarak antara khatib dengan jamaah, jamaah diminta membawa sajadah masing-masing dari rumah. Mereka pun diminta tidak berjabat tangan dan berpelukan”, ungkap Danramil. 

Dianjurkan juga dalam ibadah shalat menggunakan ayat-ayat pendek, dan mempersingkat pelaksanaan khutbah, bagi jamaah yang tidak menggunakan masker akan diberikan teguran dan selanjutnya akan diberikan masker yang sudah dipersiapkan Babinsa Koramil 03/ Blangkejeren, kemudian bagi yang kurang sehat atau yang memiliki gejala demam, batuk dan bersin juga tidak diperkenankan shalat berjamaah di masjid,”

Popular Posts