Hujan Deras, Jalan Blangkejeren-Kotacane Longsor

Gayo-Lues-mediaadvokasi.com, 
Intensitas hujan yang tinggi pada Jum'at Malam dari pukul 21.00 Wib sampai 23.00 Wib mengakibatkan terjadinya bencana alam berupa tanah longsor sehingga Jalan lintas Blangkejeren - Kutacane Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues tertutupi Material Tanah Longsor yang menutupi seluruh badan jalan dan mengakibatkan jalan lintas tersebut putus sekitar lebih kurang 24 Jam. Sabtu 09/05/2021.

Kapolres Gayo Lues AKBP Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K., M.H. mengatakan kepada awak Media "Bencana alam Tanah Longsor tersebut terjadi pada jalan Lintas Blangkejeren menuju jalan Kuta Cane Aceh Tenggara di 3 (Tiga) titik lokasi yaitu di Desa Meloak Aih Ilang, Desa Singah Mulo dan Desa Pungke Jaya Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues'.

"Tanah Longsor berupa Air beserta Lumpur bebatuan dan Batang Kayu menutupi jalan lintas disetiap titik Longsor sepanjang lebih kurang 80 Meter dan tinggi 2 meter serta adanya pohon tumbang di tegah jalan mengakibatkan arus lalu lintas Blangkejeren menuju jalan Kuta Cane Aceh Tenggara terhambat/tidak bisa dilalui oleh kendaraan R2 dan R4".

Dalam Kejadian Tanah Longsor ini tidak ada Korban jiwa maupun Benda, dan saat ini Penangan Bencana Alam Pembersihan Material Tanah Longsor masih berjalan yang dilaksanakan oleh 3 Unit Alat Berat Beko dan Buldoser kepunyaan PT.Pelita Nusa Perkasa dan PT. Pro Jabal. Imbuh Kapolres.

Kapoles juga menambahkan "Bencana Alam Tanah Longsor tersebut diakibatkan curah hujan yang cukup Deras dan berkepanjangan yang mana kondisi Tanah tebing perbukitan di Kecamatan Putri Betung ini yang sudah labil sehingga sewaktu-waktu dapat kembali mengakibatkan terjadinya Tanah Longsor dengan Material Lumpur bebatuan dan batang Pohon".

Didaerah Terjadinya Bencana alam tanah longsor di Kecamatan Putri Betung ini sudah sering terjadi apabila sudah musim penghujan, hal ini apabila lambat dalam penanganan nya dapat mengakibatkan terhambat dan merosotnya roda perekonomian di Kabupaten Gayo Lues dikarenakan ini jalur lintas satu satunya dalam pemasukan Barang Sembako dari Prov Sumatera Utara Medan, kata Kapolres.

Polres Gayo Lues pada kesempatan pertama telah melaksanakan Koordinasi dengan pihak PT. Pelita Nusa Perkasa dan Pihak PT. Projabal untuk segera membersihkan material longsor dengan menggunakan alat berat, dan juga telah dilaksanakan pengamanan Pengaturan Lalu Lintas dilokasi dengan di bantu oleh Babinsa setempat untuk mengatur kendaraan yang akan melintas serta menghimbau kepada Masyarakat pengguna jalan agar berhati-hati dan tetap waspada dalam berlalu lintas Guna untuk menghindari terjadinya Kecelakaan. Tambah Kapolres.

Kapolres juga mengatakan dengan telah terjadinya bencana alam tanah longsor tersebut perlu kiranya membentuk tim terpadu TNI- Polri serta Dinas Instansi Pemda Gayo Lues dan dapat menempatkan Alat Berat disetiap tempat titik terjadinya Longsor guna untuk cepat dalam penanganan Bencana Alam di Kabupaten Gayo Lues.

Popular Posts