Bentuk Kepedulian, Dandim Kerahkan Personel dan 3 Alat Berat Bersihkan Titik Longsor

Gayo Lues-Mediaadvokasi.com,
Seperti yang diberitakan sebelumnya, akibat curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan jalan utama Blangkejeren-Kutacane tertimbun longsor. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 4 titik longsor dikabarkan terjadi di Kecamatan Putri Betung pada Sabtu (10/05/22). 

Tebing tanah longsor terjadi di empat titik lokasi terpisah di Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues sehingga menutup jalan utama kedua Kabupaten antara Gayo Lues dan Kutacane. 

Bukan hanya jalan, pohon besar juga turut tumbang menimpa tiang listrik tertibum longsoran tanah matrial lumpur dan bebatuan setinggi 1.5 meter sepanjang sekitar 80 M di Dusun Tetumpun Fungke Jaya, Kecamatan Putri Betung Gayo Lues. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua tidak bisa melewati dan membuat antrian panjang.

Sebagai bentuk kepedulian, Komandan Kodim (Dandim) 0113/Gayo Lues Letkol Inf Yudhi Hendro Prasetyo turut serta mengkerahkan personel serta tiga alat berat yakni 1 unit Excavator, Buldozer dan Beko dari PT Pelita Nusa Perkasa dan Projabal untuk melakukan pembersihan tumpukan matrial longsor lumpur dan bebatuan dari badan jalan.

Dandim merincikan keempat titik lokasi tanah longsor tersebut, yakni pembersihan badan jalan dari timbunan matrial lumpur dan bebatuan setinggi 1.5 meter sepanjang sekitar 80 M di Dusun Tetumpun Fungke Jaya. Kemudian pembersihan pohon besar juga turut tumbang yang menimpa tiang listrik di Dusun Atu Sepit, Desa Ramung Musara selesai disingkirkan dilanjutkan dengan perbaikan tiang listrik oleh pihak dari PLN.

Selanjutnya pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan di Desa Persiapan Meloak Sepakat setinggi 1 M dengan panjang sekitar 20 M, dan lokasi keempat membersihkan matrial longsor di Jembatan Titi maut yang menutupi badan jalan setinggi 1 M dengan panjang sekitar 100 M, di Desa Singah Mule hingga selesai dikerjakan, terang Dandim.

“Akibat tanah longsor membawa material lumpur dan bebatuan di 4 (empat) titik diwilayah Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues membuat arus lalu lintas Blangkejeren dan Kuta Cane sempat lumpuh total selama 15 jam dan antrian kenderaan sepanjang 1/2 KM dari masing masing arah,” jelas Dandim Sabtu (9/5/2021).

Dandim memastikan, saat ini arus lintas Kedua Kabupaten antara Blangkejeren dan Kutacane sudah dapat dilalui baik kendaraan roda empat maupun roda dua dengan hati-hati, dikarenakan masih dilakukan pembersihan sisa-sisa matrial lumpur.
 
Perlu diketahui bahwa di wilayah Kabupaten Gayo Lues khususnya Kecamatan Putri Betung pada saat musim hujan rawan dengan tanah longsor, dikarenakan arus jalan sepanjang Kecamatan tersebut adalah tebing tebing dengan struktur tanah yang labil.

Popular Posts