Banjir Sedalam Satu Meter Rendam 5 Kecamatan di Aceh Singkil

Aceh Singkil-mediaadvokasi.com. Sebanyak lima Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, terendam banjir.   ketinggian air yang yang menggenangi pemukiman antara 50 hingga 100 Cm. 

Banjir diperkirakan akibat tingginya curah hujan yang melanda Aceh Singkil sejak tiga hari terakhir.sehingga meluapnya Sungai lae ordi, Sungai Lae Sulampi, dan Sungai Lae Cinendang. mengakibatkan banjir meluas ke beberapa kecamatan lain," Demikian disampaikan Kepala BPBD Aceh Singkil Muhammad Ihsan, Selasa (18/5/ 2021).


Ihsan mengungkapkan 5 kecamatan yang terendam banjir yakni, Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil tepatnya di desa Bulusema. Kemudian Kecamatan Singkil Utara, tepatnya di desa Kampung Baru dan Desa Ketapang Indah. 


"Kecamatan Danau Paris, yakni di Desa Lae Balno dan Desa Situban Makmur, kemudian Kecamatan Simpang Kanan, ada  6 Desa terdampak. Kemudian di Kecamatan Gunung Meriah dengan 6 desa yang terdampak, " Kata Ihsan. 

Ihsan mengatakan, pihaknya saat  terus melakukan pemantauan ke lokasi terjadinya banjir. Selain itu pendataan pun tengah dilakukan. 

"Untuk dampak material akibat banjir dari data sementara yakni rumah warga dan fasilitas umum, jalan nasional Singkil-Subulussalam terendam.

Kemudain Longsor di Bahu Jalan Kecamatan Simpang Kanan, hingga menumbangkan tiang listrik dan menyebabkan mati lampu. Tidak ada korban jiwa, untuk pengungsi dalam bencana ini ada namun, sedang pendataan, "ucapnya.


Lebih lanjut ihsan  mengatakan, kini di Kecamatan Suro dan Kecamatan Danau Paris Aceh Singkil sudah berangsur surut.namun satu desa lagi tepatnya di Situban Makmur Kecamatan Danau Paris masih banjir. 

Sedangkan Kecamatan Simpang Kanan, Gunung Meriah, dan Kecamatan Singkil Utara Masih banjir, "katanya.(Ahmad)

Popular Posts