Balon Kades Mulyasejati Rasinih Siap Abdikan Diri Untuk Sejahterakan Masyarakat

Karawang, MA - Dilatarbelakangi keinginan mengabdikan diri pada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup menuju masyarakat yang sejahtera. Rasinih Bakal Calon ( Balon) Kepala Desa Mulyasejati Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang siap bersaing dalam kontestasi Pilkades serentak 21 Maret  2021 mendatang. 

"Klo saya terpilih, visi kami ingin mensejahterakan kalangan masyarakat menengah dan bawah. Dengan misinya pemberdayaan di bidang pendidikan dan ekonomi," ujar Rasinih saat ditemui dirumahnya. 

Rasinih mantan Kaur Kesra Desa Mulyasejati menyebut, tingkat pendidikan masyarakat Desa Mulyasejati rata-rata hanya lulusan  SMP karena faktor ekonomi masyarakat yang lemah ditambah  lokasi pendidikan tingkat SLTA jarak tempuhnya yang jauh dari desanya. 

Untuk itu, kata Rasinih dirinya berencana akan membangun sarana dan prasarana sekolah non formal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di desanya yang terpencil atau tertinggal tersebut.

"Itulah salah satu upaya mewujudkan sarana pendidikan bagi masyarakat ekonomi lemah," jelasnya.

Saat ditanya program pemberdayaan ekonomi masyarakat, dirinya menjelaskan, akan mengoptimalkan fungsi lembaga Bumdes di desanya.

"Kami punya inisiatif, untuk Bumdes itu agar bisa menggali potensi profesi yang ada,"ucapnya.

Ia menjelaskan, dirinya akan mendorong Bumdes agar dapat memberikan bantuan modal pada usaha kreatif mandiri terutama para pemuda. 

" Hal ini untuk menaungi dan mengembangkan kreatifitas dan skill para pemuda seperti di bidang seni kerajinan, perbengkelan maupun pengelasan," imbuhnya. 

Terkait pemberdayaan para wanitanya, Dia menuturkan, akan mengembangkan basic skill yang dipunyai dengan produksi rumahan (home industri) seperti kripik pisang. Hal itu semua akan dijadikan unit usaha Bumdes dalam menggerakan ekonomi rakyat di Desa Mulyasejati. 

"Kami sudah punya rencana dalam pemasarannya,  berupaya untuk bermitra dengan mini market maupun Mal,"tuturnya. 

Sementara itu, kata Rasinih, pekerjaan masyarakat Desa Mulyasejati mayoritas para petani. 

itupun sambungnya, lahan yang di gunakan milik Perhutani dan sebahagian milik perusahaan.

" Para petani Desa Mulyasejati, bertani dengan tumpang sari palawija dan menanam padi," katanya.

Dia menambahkan, untuk pelayanan di bidang kesehatan, dirinya akan memaksimalkan kinerja puskesmas pembantu (Pustu) desa dengan 2 orang petugas kesehatan.

"Hal ini nantinya agar bisa dibagi  tugasnya dengan bergantian waktu maupun harinya jangan sampai terjadi kekosongan dalam kesehariannya," terangnya. 

Kemudian,ia pun berharap kepada seluruh masyarakat Desa Mulyasejati memohon dukungan dan doa restunya dalam kontestasi Pilkades 2021 mendatang.

“Semoga dengan dukungan dan doa masyarakat, saya diperkenankan terpilih menjadi Kepala Desa Mulyasejati untuk menuju ke arah desa yang lebih baik,” harapnya. (Dedi)

Popular Posts