Cermati dan Jangan Asal Membagikan Berita ke Media Sosial

Redelong -mediaadvokasi.com
Di era kemajuan teknologi komunikasi, seperti kehadiran internet dan smartphone, membuat manusia makin meningkat cara komunikasi dan kemudahan dalam berinteraksi. Kemajuan ini pula melahirkan media sosial dengan efek-efek sampingnya. Arus informasi hadir melimpah ke tengah masyarakat, tetapi belum tentu kebenarannya. Terdapat hoak-hoaks di sana. Oleh karena itu, masyarakat perlu hati-hati dan cerdas menyerap informasi dan tidak segera membagikannya ke media sosial.

Kehatian-hatian membagikan berita melalui medsos ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi S.STP., M.A.P. pada jamaah shalat tarawih di Masjid Assyuhada Kampung Pondok Sayur, Kecamatan Bukit, Aceh, Selasa malam (20/04/2021). Kadis Kominfo mewakili Bupati Bener Meriah yang berhalangan hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan 1442 Tim I Kabupaten Bener Meriah. 
"Jangan sebarkan, membagikan berita yang belum jelas kebenarannya itu," kata Kadis Kominfo Bener Meriah. "Untuk sekadar tahu, boleh. Setelah tahu, jika belum jelas kebenarannya, tidak perlu dan jangan gampang dibagikan," lanjutnya.

Berita-berita yang tak jelas kebenarannya itu akan meresahkan dan kebingungan di masyarakat. Oleh karena itu, Kadis Kominfo berpesan untuk cerdas menerima suatu berita, memanfaatkan smartphone dengan bijak, dan tak sembarang membagikan berita.

"Pastikan berita itu benar, pastikan berita itu ada sumbernya yang dapat terpercaya. Baru boleh dibagikan sebagai ilmu pengetahuan bagi kita semua," ucap Kadis Kominfo Ilham Abdi.

Pada kegiatan Safari Ramadhan Tim I tersebut, Kadis Kominfo menyampaikan salam Bupati Bener Meriah Tgk H. Sarkawi kepada jamaah Masjid Assyuhada dan masyarakat Kampung Pondok Sayur, Kecamatan Bukit.

"Bupati tidak dapat hadir, bukan karena tidak sayang, tidak cinta ke kampung ini. Namun, Bupati ada dinas luar ke Jakarta. Semoga apa yang dilakukan Bupati di Jakarta untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Bener Meriah," kata Kadis Kominfo yang serempak diaminkan para jamaah Masjid Assyuhada.

Rangkaian acara Safari Ramadhan di Masjid Assyuhada dimulai buka puasa bersama, santunan kepada anak yatim oleh Sekda Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si, dan tausiah oleh Tgk. Husaini S, Sy. Sekda Bener Meriah tidak bisa bersama tarawih di Masjid Assyuhada karena harus mengisi kegiatan Safari Ramadhan di tempat berbeda.

Turut hadir dalam Tim I Safari Ramadhan Kabupaten Bener Meriah adalah perwakilan Dandim 0119, perwakilan Koramil dan Posramil Bukit, Kepala kemenag Bener Meriah Drs. H. Hamdan, M.A., anggota DPRK Bener Meriah Guntur Alamsyah, Kepala Bank Aceh Syariah Zaky, perwakilan Dinas Syariat Islam Dr. Mudawali, S. Ag., Sekretaris Dinas Pendidikan Bener Meriah Saidi M Nurdin, S.Pd, Kabag Kesmas Edi Jaswin, SKM, M.Si., Camat Bukit Ismail, S.E., M.S.i, para reje dan mukim dari empat kampung dan beberapa tokoh masyarakat. (*).

Popular Posts