Antisipasi Ganguan Parasit Pada Tanaman Bawang Merah, Babinsa Koramil 09/ Ketol Lakukan Kensos Dengan Petani

Takengon-mediaadvokasi.com
Praka Juanda, Bintara pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Ketol Kodim 0106/Aceh Tengah Komsos di Desa binaan membahas tentang cara perawatan tanaman bawang merah pada saat musim hujan, kegiatan tersebut berlangsung di Desa Pantan Penyo Kecamatan ketol, Kabupaten Aceh Tengah. Kamis (15/04/21).

Praka Juanda menyampaikan,
kegiatan ini merupakan salah satu tugasnya selaku Babinsa Desa Pantan Penyo, dan tujuan dari pendampingan itu sendiri adalah supaya tanaman bawang merah bisa tumbuh normal tanpa ada gangguan atau sejenis parasit yang  dapat merugikan petani bawang merah, terlebih pada musim penghujan.

Menurut Praka Juanda,  budidaya tanaman bawang merah akan lebih mudah dilakukan Jika musim kemarau, namun menurutnya, pada musim penghujan Ini petani hanya  membutuhkan perawatan yang sedikit lebih extra, 
"Tapi petani tidak boleh risau, karena bisa mengatasinya, misalnya kalau ada kabut tebal yang meninggalkan embun pada tanaman bawang atau pun daun Bawang, embun itu harus segera dilunturkan dengan cara disemprot air bersih, selain itu tanaman bawang merah juga harus lebih banyak disemprot dengan obat-obatan atau pestisida pembasmi hama", katanya.


Lebih lanjut kata Praka Juanda. Dengan membantu petani bawang kami juga dapat menggali ilmu tambahan, bagaimana cara menghasilkan bawang yang baik di musim penghujan, dan mampu menghasilkan Bawang yang unggul Meskipun pengaruh faktor cuaca, ”ujarnya.

Sementara Abdullah (35) salah satu petani bawang merah asal Desa  Pantan Penyo   mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah mau membantu dan berikan saran kepada kami  cara menghasilkan tanaman bawang yang unggul di musim hujan.

Semoga Bermanfaat untuk masyarakat lain dan  khusus nya warga pantan peyo disamping berkebun kopi tidak ada masalah jadi petani bawang merah walaupun di musim hujan agar bisa menambah kebutuhan sehari hari. "Ungkapnya".(*rel-Pendim 0106/ Aceh Tengah).

Popular Posts