Rapata Musrenbang RKPD, Bertema "Percepatan Pemulihan Ekonomi, Penguatan SDM dan Optimalisasi Layanan Kesehatan"

Aceh Tamiang-mediaadvokasi.com 
Bupati Aceh Tamiang H. Mursil. Membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022 yang digelar oleh Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang. Dengan mengusung tema "Percepatan Pemulihan Ekonomi, Penguatan SDM dan Optimalisasi Layanan Kesehatan". Acara berlangsung di Aula Setdakab Aceh Tamiang,pada Selasa (30/03/2021).

Pada kesempatan,Bupati Mursil mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir dalam kegiatan tersebut. Semoga musrenbang ini merupakan momentum yang penting karena memasuki tahun akhir dari RPJM, karena itu perlu memperhatikan dan meningkatkan pembangunan Kabupaten Aceh Tamiang sesuai dengan Visi Aceh Tamiang yaitu berdaya saing dan islami," Ungkapnya.
Oleh karna itu memasuki dinamika pembangunan yang cukup komplek sebagai dampak dari pandemi, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Aceh Tamiang dalam mendongkrak pembangunan ekonomi , SDM dan kesehatan yang optimal. Untuk itu, sangat diperlukan konsep yang lebih terarah dari berbagai sektor.

Mursil menambahkan," Musrenbang ini merupakan rangkaian strategi untuk berdiskusi baik bagi Pemerintah, pemangku kepentingan dalam mengakomodir usulan-usulan dari bawah. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa Musrenbang kali ini Pemkab Aceh Tamiang telah menggunakan sistem informasi Pemerintah Daerah atau SIPD," Jelasnya.

Oleh sebab itu, tema yang diusung dalam Musrenbang ini jelas berorientasi dalam upaya meningkatkan SDM yang berkualitas, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, layanan kesehatan dan lainnya.

Dihahir arahannya Bupati Mursil mengatakan," mengingat suksesnya SDC di Aceh Tamiang, saya meminta dukungan dari semua pihak dan juga Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan pelatihan tenaga kerja, mengingat banyak pengangguran yang tidak punya keahlian. Maka dari itu saya berharap agar balai-balai pelatihan diperkuat di Aceh Tamiang,"Harapannya


Pada kesempatan yang sama laporan Kepala Bappeda Aceh Tamiang, Rianto Waris menjelaskan," kegiatan ini merupakan lanjutan dari Musrenbang Kecamatan. Saat ini Penyusunan RPKD telah mengunakan SIPD dari mulai dari rancangan tahapan awal sampai penetapan RKPD mulai tingkat Kampung, Kecamatan dan Kabupaten," Jelasnya.

Oleh sebab itu, rancangan yang akan dilaksanakan harus diselaraskan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Berdasarkan data BPS sejak tahun 2018 sampai 2021 target pencapaian makro ada kemajuan positif.


Rianto Waris menambahkan,"  kegiatan musrenbang ini dilaksana untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dalam menentukan program kegiatan antara Pemerintah Daerah dengan pemangku kepentingan. Selain itu juga salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menyepakati perioritas pembangunan daerahdaerah," Ungkapnya.


Selesai arahan Bupati dan Kepala Dinas  Bappeda di lanjukan pemaparan oleh Kepala Bappeda Aceh yang diwakilkan Ema Alemina selaku Kabid Litbang Bappeda Aceh. Dalam kesempatan tersebut beliau memaparkan terkait arah kebijakan pembangunan Aceh tahun 2022, yang mana menjelaskan bahwa tema RKP nasional tahun 2022 untuk pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

 Untuk hal tersebut Pemerintah Provinsi Aceh memiliki empat program prioritas,salah satunya peningkatan Usaha Kecil, pengembangan Ekonomi Kreatif dan meningkatkan kesejahteraan Petani dan Nelayan.


Kegiatan tersebut di saksikan, Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin, para Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, pimpinan beserta Angota DPRK Aceh Tamiang, Anggota DPRA, Anggota DPR RI, DPD RI Aceh Kepala Bappeda Kota Langsa, Aceh Timur dan Langkat melalui Zoom Meeting, Kepala BNN, BPS, para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Pimpinan BUMN, BUMD dan unsur perbankan, dan undangan lainnya.(Eri Efandi)

Popular Posts