Pemerintah Aceh Tamiang Melaksanakan Apel Simulasi Karhutla

Aceh Tamiang-mediaadvokasi.com
Pemerintah Aceh Tamiang Melalui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten aceh Tamiang, bersama  TNI,Polri dan Satgas Tanggap Bancana lainnya. melaksanakan Apel Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. Yang dilaksana Lapangan Upacara belakang Kantor Bupati, pada Rabu (10/03/2021). 

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0117/Atam Letkol. CPN. Yusuf Adi Puruhita bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dengan membacakan amanat dari Bupati Aceh Tamiang H. Mursil.Dandim 0117/Atam menyampaikan," pelaksanaan Apel ini adalah kesempatan bagi seluruh elemen, melayani masyarakat secara nyata dengan menunjukkan kesiap siagaan dan keseriusan dalam menangani Karhutla dengan melibatkan seluruh pihak baik Pemerintah maupun Swasta dan masyarakat,"Ucapnya.
Menyikapi permasalahan Karhutla, Dandim ungkapkan bahwa Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri telah melakukan berbagai upaya dalam memudahkan penanganan Karhutla secara cepat dan tepat dengan menggunakan sistem aplikasi terbaru yang dinamai dengan LANCANG KUNING/ SIPONGI-KLHK.

Dandim 0117/Atam Menambahkan,"Aplikasi ini digunakan untuk mendekteksi titik api di daerah masing-masing, sehingga cepat dan mudah untuk melakukan penanganan, baik sosialisasi, himbauan, pemadaman dan penegakan hukum,”Jelasnya.

Pentingnya menjaga kelestarian hutan, Dandim sebutkan perlunya memberdayakan seluruh stakeholder terkait agar dapat mengambil langkah-langkah komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan penanganan Karhutla.
Diperlukan koordinasi bersama antar Instansi Pemerintah, TNI dan Polri, Pihak Perusahaan dan masyarakat agar bertanggung jawab dalam membina dan menanggulangi Karhutla, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

Usai membacakan amanat Bupati Mursil, acara dilanjutkan dengan simulasi penanganan Karhutla yang disaksikan oleh tamu undangan dan seluruh peserta apel yang diikuti oleh unsur TNI, Polri, Satpol PP dan WH, Damkar, RAPI dan Unsur Pelajar. Selain Forkopimda, hadir juga dalam Apel tersebut Sekretaris Daerah, Para Asisten di Lingkungan Setdakab, Para Kepala SKPK, para Camat dan lainnya.(Eri Efandi)

Popular Posts