Koramil 04/Pintu Rime Gayo Bina Pemuda Produktif

Redelong -mediaadvokasi.com 
Dalam rangka upaya mendongkrak ekonomi di tengah masa pandemi Virus Covid 19, dan meningkatkan produktifitas pemuda di Desa binaan,  Koramil 04/Pintu Rime Gayo melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pemuda didalam membudidayakan tanaman jahe merah, Pembinaan tersebut berlangsung di Desa Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah. pada selasa 09/03/2021.

Komandan Koramil 04/Pintu Rime Gayo Kapten Czi Aep Mukhran Halid saat di konfirmasi terkait pelaksaanaan pendampingan tersebut mengatakan, Program pembinaan pemuda produktif merupakan kerjasama antara kodim  bersama Bank Aceh dari dana CSR.
,"Kusus untuk koramil 04/Pintu Rime Gayo kita fokuskan pada budidaya tanaman jahe merah", kata Danramil. 

Dikatakannya lagi, " Prosfek tanaman jahe merah sangat menjanjikan di pasaran luas, baik untuk obat herbal maupun nantinya kita kirim kan ke PT. Sidomuncul yang berada di pulau jawa", terang Danramil

Selain itu Danramil juga mengatakan, "untuk penanaman jahe merah ini Koramil akan membantu, membina juga mendampingi pemuda produktif baik selama masa tanam, rawat hingga panen", katanya. 

Danramil juga berharap, agar seluruh pemuda yang di wilayah lain juga bisa mengikuti pemuda produktif guna mendongkrak pendapatan juga menciptakan lapangan kerja. Tandasnya


Sementara itu Babinsa Koramil 04/ Pintu Rime Gayo Serda Oein Zulkarnaen menyampaikan, Tanaman jahe merah sudah memasuki usia tanam 60 hari dan pihaknya juga  akan terus meninjau perkembangan jahe merah agar pertumbuhannya baik dan hasilnya melimpah.

,"Untuk pemeliharan atau perawatan jahe merah juga tergolong mudah, hanya saat musim kemarau perlu di siram pagi dan sore hari dengan sesuai kebutuhan ", jelasnya

Sementara pemupukan hanya di lakukan sebulan sekali, dan untuk masa panen jahe merah ini juga tidak terlalu lama hanya membutuhkan waktu 3 hinga 4 bulan saja,  jadi tidak terlalu repot karan cuma 3 kali melakukan pemupukan, Ujar Babinsa. 

Sementara itu menurut Babinsa,  dalam merawat lahan atau menjaga agar Rumput tidak mengangu tanaman,  hanya perlu 
penyiangan gulma rumput liar dan juga hama pasrasit dengan tempo waktu  2-3 minggu sekali dengan secara rutin. Ucap Babinsa. 


Selain itu, tambah Babinsa, Mamfaat jahe merah ini sangat banyak, terutama bagi kesehatan dan juga dapat menambah pendapatan.Tambahnya.

Babinsa juga berhatap,semoga dengan upaya yang kita lakukan bisa membuat hasil panen jahe merah melimpah dalam mendongkrak ekonomi warga juga menciptakan lapangan kerja. pungkasnya(*)

Sumber Penerangan Kodim 0119/ Bener Meriah. 

Popular Posts